OTT Empat THL Dinas PU Pekanbaru

Pungut Biaya Saat Pengambilan IUJK, Tim Saber Amankan Uang Rp10,4 Juta Saat OTT

Selasa,11 April 2017 | 08:38:34 WIB
Pungut Biaya Saat Pengambilan IUJK, Tim Saber Amankan Uang Rp10,4 Juta Saat OTT
Ket Foto : Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli Polda Riau di Dinas PU dan Tenaga Kerja Pekanbaru, Senin (10/4/2017) sore.
PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Tim Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) mengamankan empat orang Tenaga Harian Lepas (THL) yang diduga melakukan pemungutan biaya yang tidak sah saat pengambilan Izin Usaha Jasa Kontruksi (IUJK). Bersama mereka tim mengamankan uang tunai sebesar Rp10,4 juta.

"Ada empat orang pegawai honorer di Dinas PU yang diamankan. Salah satu barang bukti yang kita sita ada uang tunai Rp10,4 juta," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, Selasa (11/4/2017) dini hari.

Lebih lanjut Guntur mengungkap adapun orang pelaku yang diamankan tersebut diketahui berinisial RN (28), MT (34), MH (22), SA (22).

"Keempat pelaku masih diperiksa lebih lanjut di Ditreskrimsus. Adapun modusnya mereka melakukan pungutan tidak sah saat pengurusan IUJK kepada masyarakat yang sedang melakukan penguurusan," jelasnya.

Sedangkan untuk besaran biayanya, lanjut Guntur, hal tersebut bervariasi tergantung dengan klarifikasi perusahaan yang melakukan pengurusan.

Untuk diketahui bahwa empat orang pelaku tersebut diamankan setelah tim Saber Pungli Polda Riau melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap mereka di ruang IUJK kantor Dinas PU Kota Pekanbaru, Senin (10/4/2017) sekitar pukul 14.30 WIB.

Dengan diamankannya para pelaku, polisi sudah memeriksa empat orang saksi yang mana dua orang dari pihak kepolisian dan dua orang lainnya yakni Zulkifli selaku Kepala Dinas PU serta Tazwan selaku Pj Kabid Jakson.

"Kita sudah periksa empat orang saksi. Sementara itu selain uang tunai kita juga amankan barbuk lain seperti satu unit PC Komputer, dokumen IUJK dan satu rangkap buku IUJK," bebernya.

Atas perbuatannya, para pelaku pun terancam dikenakan Pasal 11 juncto Pasal 12 huruf a dan huruf e UU RI nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah menjadi UU RI nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 KUHPidana.(ica)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY