Syamsuar : Siak Komit Program Ketahanan Pangan

Selasa,11 April 2017 | 16:04:46 WIB
Syamsuar : Siak Komit Program Ketahanan Pangan
Ket Foto : Bupati Siak dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi upsus Pajale.
SIAK, jurnalmetronews.com - Komitmen Kabupaten Siak terhadap program pertanian tanaman pangan, mendorong menteri pertanian dan panglima datang ke kota istana, kami mengharapkan ini tidak hanya sekedar penanaman serentak.

Hal tersebut disampaikan Bupati Siak H Syamsuar dalam sambutannya, pada Rapat Koordinasi Upaya Khusus (upsus) Padi Jagung dan Kedele (Pajale) di ruang rapat Raja Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak, Selasa (11/4/17).

Suksesnya acara penanaman serentak di Desa Bungaraya pada 5 April 2017 lalu, diakui syamsuar kebahagiaan besar ia rasakan karena berhasil melaksanakan hajat dari menteri pertanian dan Panglima TNI.

"Kami berbahagia sekali, bahwa atas suksesnya penyelenggaraan dari pelaksanaan ini, tentunya atas dukungan dan kerjasama kita semua. Sehingga apa yang dihajatkan oleh menteri pertanian dan panglima TNI dapat kita laksanakan dengan baik," ujarnya.

Tentunya, lanjutnya, selesai dari pencanangan ini, kami berharap kerja kita, artinya jangan tinggal pencanangan, karena pencanangan ini sebetulnya memberi semangat dan motivasi agar kedepannya siak dapat mencukupi kebutuhan pangan, baik itu padi, jagung dan lain sebagainya.

"Dengan adanya kegiatan ini tentunya kita yang ada di daerah ini lebih bersemangat, kenapa bersemangat, kalaulah dulu bantuan dari menteri pertanian setengah-setengah mungkin tak semangat juga saya, tapi untuk saudara-saudara ketahui, saya punya datanya, kapan kita diberikan bantuan yang begitu banyak berkaitan dengan Alsintan sekarang inilah masanya," sebutnya.

Sementara itu, Plt Ketahanan Pangan Siak Suandi melaporkan, sampai saat ini realisasi tanaman padi per 10 April, 1.276 hektare se Kabupaten Siak, dan ini akan bergerak terus hingga 4.256 hektar di perkirakan awal Mei 2017 (semster 1).

"Kerena masih ada keterbatasan operator tanam atau alat mesin, dan petani banyak yang hinden, untuk jagung 744 hektar tahun 2017 ini realisasi baru 61,37 hektar murni swadaya," imbuhnya.

Peluang bantuan dari TP provinsi 97 hektare yang disalurkan kepada lahan-lahan siap tanam, dan proposal yang masuk baru 185,5 hektare.

Masih banyak peluang bagi petani untuk mengajukan proposal bantuan benih jagung. (rls/ica)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY