Tinjau Persiapan Pilkada dan Pilgub 2018, KPU Riau Kunjungi Pemkab Siak

Selasa,18 April 2017 | 15:37:47 WIB
Tinjau Persiapan Pilkada dan Pilgub 2018, KPU Riau Kunjungi Pemkab Siak
Ket Foto : Bupati Siak Syamsuar saat menerima kunjungan tim dari KPU Riau.
SIAK, jurnalmetronews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau mengunjungi Pemerintah Kabupaten Siak untuk meninjau persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, Selasa (18/4/2017).

Kedatangan tim KPU Riau tersebut disambut langsung oleh Bupati Siak H Syamsuar di ruang rapat Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak.

"Dari adanya kegiatan kunjungan kerja ini, sekaligus juga dapat memberikan input kepada kami, dan kemungkinan juga ada hal-hal yang bisa diberikan melalui kami yang hadir di sini, terutama berkenaan dengan langkah-langkah yang patut dipersiapkan dari daerah, guna mensukseskan pelaksanaan pemilu kepala daerah, gubernur dan wakil gubernur 2018 mendatang," ujar Bupati Siak H Syamsuar.

Berdasarkan data terakhir, lanjut Syamsuar, jumlah penduduk Siak sekitar 412.000 jiwa, dan ini merupakan data yang dirangkum pada bulan Desember.

"Kemungkinan akan ada penambahan menjelang masa dari pendaftaran jumlah penduduk. Kemudian juga, jelasnya, ada penambahan 5 orang anggota DPRD, yang pada pemilu sebelumnya 35 orang dan sekarang menjadi 40 0rang, tentunya ini berkaitan dengan jumlah penduduk," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi H Nurhamin mengatakan, adapun maksud dan tujuan tim datang ke Kabupaten/Kota adalah bagian dari strategi untuk sosialisasi, dan pelaksanaan roadshow ini didasari oleh peran serta Pemerintah Daerah (Pemda) seperti yang diamanahkan Pasal 133 A Undang-Undang (UU) Pilkada Nomor 10 Tahun 2016, menyatakan Pemerintahan Daerah bertanggung jawab mengembangkan kehidupan demokrasi di daerah, khususnya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih.

"Dukungan yang kami minta kepada Pemkab Siak, terkait dukungan terhadap bagaimana strategi kita meningkatkan angka partisipasi di kab,siak, yang tentunya secara umum berdampak pada pilgub nanti," katanya.

Begitu juga dengan anggota KPU Provinsi Riau Divisi Humas, Data, Informasi dan Hubungan Antar Lembaga Syapril Abdullah, dalam menanggapi hal yang disampaikan Syam sebelumnya, terkait dengan tahapan rencana pemilihan gubernur, walaupun PKPU belum turun dari KPU RI, tapi insyaallah Agustus NPHD akan ditandatangani, September Oktober pembentukan penyelenggara ditingkat TPS.

"Kami sudah keliling dari Rohil, Pelalawan, Inhil, dan Kampar, kami juga membicarakan hal ini, terkait dengan rencana tahapan dan bagaimana partisipasi masyarakat dari daerah masing-masing, khusus di kabupaten siak ini partisipasi tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi, tapi untuk pilgub 2018 kita akan dorong bersama semaksimal mungkin untuk meningkatkan partisipasi," tuturnya.(rls/war)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY