Kampung Perincit Terima Zakat dari Baznas Siak

Senin,24 April 2017 | 08:34:23 WIB
Kampung Perincit Terima Zakat dari Baznas Siak
Ket Foto : Pendistribusian zakat di Kampung Perincit oleh Baznas Siak, Jumat (21/4) lalu.
SIAK, jurnalmetronews.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Siak mendustribusikan Zakat Tahap I periode Januari- Maret 2017 di Kampung Perincit Kecamatan Pusako.

Pendustribusian zakat tahap I ini di serahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Siak Alfedri, yang juga selaku Duta Zakat Kabupaten Siak, didampingi oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Siak H. Abdul Rasyid Suharto, Jumat (21/04/17).

Turut Hadir pada acara ini Wakil Ketua BAZNAS, Bidang Pengumpulan H. Samparis bin Tatan SPdi, wakil ketua bidang Pendistribusian Dadang Saputra,Wakil Ketua Bidang Perencanaan keuangan dan pelaporan Sulaiman, camat Pusako Andi Saputra, Ketua Upz Kecamatan Pusako, Penghulu Kampung Perincit dan pengurus Upz kecamatan.

Wakil Bupati Siak dalam sambutannya memberikan selamat dan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Pusako karena telah memberikan kepercayaan kepada pihak BAZNAS yang menyalurkan zakatnya. Di samping itu, dia juga memberikan kata selamat kepada masyarakat Pusako yang telah meraih peringkat 5 pengumpulan zakat di 14 kecamatan se-Kabupaten Siak. Hal ini perlu kita tingkatkan pengumpulannya untuk tahap berikutnya.

"Untuk itu kita berharap kepada warga kita yang telah berpenghasilan lebih, baik dari hasil tani, hasil usaha maupun penghasilan lainnya agar dapat menyalurkan zakatnya melaui BAZNAS atau UPZ yang ada, dengan harapan harta atau penghasilan yang kita zakatkan semoga menjadi berkah dan akan dilipatgandakan oleh Allah Swt sesuai janjiNya," ungkap Alfedri.

Lebih lanjut dikatakan Alfedri, Kami selaku pemerintah daerah akan tetap memperhatikan,dan mendukung program BAZNAS ini, karena melalui BAZNAS ini dapat membantu para pakir dan miskin dan bisa menghudupkan ekonomi para muatahik yang punya usaha.

BAZNAS Siak dalam menyalurkan zakat ini terbagi kepada 2 pola. Yaitu pola produktif yang artinya penyaluran yang diberikan kepada mustahik berupa modal usaha bagi yang punya usaha dan penyaluran pola konsumtif bantuan langsung berbentuk uang.

"Maka dari itu marilah kita buka kesadaran kita terutama bagi yang mempunyai kelebihan, baik itu harta, hasil usaha, dan penghasilan lainnya agar dapat disalurkan zakatnya melalui BAZNAS sebagai tabungan amal kita di akhirat kelak," imbaunya.

Sementara itu menurut Ketua BAZNAS Kabupaten Siak H. Muhammad Rasyid Suharto Pua Upa M. Ed. mejelaskan bahwa pendistribusian zakat untuk Kecamatan Pusako pada tahap I berjumlah 89.350.000 yang akan di salurkan kepada 85 orang mustahik.8 orang mustahik pola produktif dan 77 orang mustahik pola konsumtif.

Untuk itu ke depan kita berharap kepada masyarakat terutama para muzaki agar semakin banyak mengeluarkan zakatnya sehingga diharapkan pengumpulan zakat di wilayah ini semakin bertambah dari yang saat ini sehingga lebih besar dan lebih banyak pula fakir miskin terbantu.

"BAZNAS Kabupaten Siak berupaya akan mengurangi angka kemiskinan di kabupaten Siak khususnya di Kecamatan Pusako," tutup Rasyid.(rls/war)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY