Hindari Kapal Kontainer, Kapal Motor Tenggelam di Perairan Kuala Merbau

Dibaca: 162 kali  Senin,08 Mei 2017 | 18:15:21 WIB
Hindari Kapal Kontainer, Kapal Motor Tenggelam di Perairan Kuala Merbau
Ket Foto : Kapal Motor Mustika saat dievakuasi.
PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Satu unit kapal motor Mustika tenggelam di Perairan Kuala Merbau, Desa Kuala Merbau, Kecamatan Pulau Merbau, saat mencoba menghindari kapal kontainer, Minggu (7/5/2017) sekitar pukul 16.00 WIB.

"Benar telah tenggelam satu unit kapal di Kepulauan Meranti. Tidak ada korban jiwa tetapi kerugian materil mencapai Rp20 juta," ungkap Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, Senin (8/5) sore.

Lebih lanjut Guntur menjelaskan bahwa kapal tersebut dinakhodai oleh Muslim alias Jang dengan mengangkut satu orang Anak Buah Kapal (ABK) dan dua penumpang yang membawa sembako.

"Kapal tersebut dari Pelabuhan Sungai Juling Selatpanjang, Kecamatan Tebing Tinggi hendak menuju ke Pelabuhan Kuala Merbau, Kecamatan Pulau Merbau," jelasnya.

Kejadian bermula ketika KM Mustika yang melewati perairan Kuala Merbau bertemu dengan kapal kontainer. Kemudian, KM Mustika tersebut mencoba untuk menghindarinya akan tetapi malah mengenai tunggul kayu yang mengakibatkan kapal motor bocor sepanjang 20 centimeter.

Akibat kebocoran, kapal motor tersebut akhirnya tenggelam. Beruntung saat itu ada kapal penumpang dari arah yang sama hendak ke Kuala Merbau. Akhirnya para penumpang, ABK dan nakhoda pun dapat diselamatkan.

"Sekira pukul 20.00 WIB, KM Mustika telah dievakuasi dengan cara ditarik menggunakan kapal penumpang ke pelabuhan Rambai, Dusun Ramba, Desa Renak Dungun, Kecamatan Pulau Merbau untuk perbaikan," kata Guntur.

Adapun barang bukti yang diamankan dari peristiwa tersebut adalah satu unit KM Mustika dengan mesin Mitsubishi 4D R5 nomor : 825146 tonase 10 ton, beberapa karung beras dan bahan-bahan sembako lainnya.(ica)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY