Terjadi Defisit Anggaran di Rohil, Pemilihan Kades Diundur

Senin,15 Mei 2017 | 17:54:50 WIB
Terjadi Defisit Anggaran di Rohil, Pemilihan Kades Diundur
Ket Foto : Ilustrasi Pilkades.
BAGANSIAPIAPI, jurnalmetronews.com - Hingga saat ini belum diketahui kapan jadwal pasti pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) tahap II di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Hal ini disebabkan terjadinya defisit anggaran yang berimbas tidak jalannya program di pemerintahan dan lumpuhnya perekonomian masyarakat khususnya di ibukota Kabupaten. Tidak hanya soal pilkades, kegiatan lainnya yang ada di Pemkab Rohil hingga pertengahan Mei 2017 ini juga belum ada yang berjalan.

Kendati terjadinya defisit anggaran, pelaksanaan pilkades serentak tahap ke II tetap menjadi prioritas pemerintah. "Masalah Pilkades tetap kita prioritaskan, kalau Pilkades tahap I tahun lalu itu dilaksanakan pada bulan Juni, kemungkinan tahap II akan dilaksanakan usai lebaran nanti," kata Sekretaris Daerah (Sekda) rohil, Drs H Surya Arfan Msi, baru-baru ini di Bagansiapiapi.

Selain memprioritaskan pelaksanaan Pilkades, Pemkab Rohil juga sangat memprioritaskan obat-obatan di rumah sakit meskipun kondisi keuangan daerah tidak stabil."Harapan kita usai lebaran sudah bisa kita jadwalkan pelaksaan Pilkades, memang hal ini tidak bisa dipisahkan dengan dana untuk keperluan pelaksanaan helat besar tersebut," ujarnya.

Untuk kepenghuluan pelaksanaan Pilkades lanjut mantan Kaban Ketahanan Pangan Rohil, itu berjumlah 101 kepenghuluan. Dimana sejauh ini sudah ditunjuk pejabat sementara (Pjs) dari aparatur sipil negara (ASN) yang masa tugasnya maksimal selama satu tahun setelah dilantik.

"Makanya sangat kita tekankan agar Pjs penghulu bekerja sungguh-sungguh, apalagi saat ini dalam mengelola anggaran dana desa (ADD) dan Dana Desa (DD) memang harus jelas pertanggungjawabannya," pungkasnya.(jum/auz)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY