Peringati Harkitnas, Pemda Rohil Berjanji Tingkatkan Pemerataan Pembangunan

Senin,22 Mei 2017 | 17:12:10 WIB
Peringati Harkitnas, Pemda Rohil Berjanji Tingkatkan Pemerataan Pembangunan
Ket Foto : Forkopimda Rohil berfoto bersama usai upacara Harkitnas.
BAGANSIAPIAPI, jurnalmetronews.com - Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 109 tahun 2017 di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berlangsung hikmat. Di momen ini, Pemerintah daerah berjanji akan terus berupaya dengan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pemerataan pembangunan di berbagai sektor.

Progres tersebut dimulai dari membangun daerah dari pinggiran dengan memperkuat daerah terpencil dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Dimana Harkitnas-109 pada tahun 2017 ini mengangkat tema "Pemerataan Pembangunan Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional".

Demikian kutipan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara yang di sampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Rohil, Drs H Surya Arfan Msi saat menjadi inspektur Upacara Peringatan Harkitnas 2017 di taman Budaya, Batu Enam, Bagansiapiapi, Senin (22/5) pagi.

Disebutkan, terwujudnya pemerataan pembangunan yang berkeadilan harus di implementasikan dalam berbagai strategi, kebijakan, dan peningkatkan pelayanan optimal kepada masyarakat. Data Menkominfo menyebutkan, ukuran kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan masyarakat Indonesia masih berada sekitar 40% pada 2017 ini.

Meski terbilang membaik, angka ini harus diturunkan melalui berbagai langkah multidimensi. Dalam pidato tersebut juga disampaikan beberapa capaian yang dilakukan Pemerintah dalam mewujudkan pemerataan. Di bidang kelistrikan, pembangunan ketenagalistrikan telah dilakukan di 2.500 desa yang belum tersentuh aliran listrik. 

Kebijakan subsidi listrik juga lebih difokuskan bagi masyarakat menengah ke bawah, sehingga relokasi subsidi listrik pada 2016 sebesar Rp 12 triliun telah dialihkan untuk menunjang sektor kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

Surya Arfan juga meminta para generasi muda yang ada di negeri seribu kubah untuk terus membangkitkan semangat Nasionalisme persatuan dan kesatuan. 

"Melalui peringatan Harkitnas ini, kita mengajak generasi muda untuk menjaga nama baik bangsa dengan konsistensi dan kesinambungan nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis oleh pejuang terdahulu. Untuk itu, masyarakat yang ada dinegeri seribu kubah khususnya generasi muda untuk terus bangkit dan membangun daerah dengan penuh kekompakan dalam segala bidang," ungkapnya. 

Usai melakukan apel, Surya Arfan bersama rombongan lainnya menuju ke makam Pahlawan Kesuma Bhakti untuk menggelar apel penghormatan kepada arwah para pahlawan. Apel penghormatan itu dipimpin oleh Ketua DPRD Rohil, H Nasruddin Hasan. Kemudian Sekda melatakkan karang bunga dan penaburan bunga rampai disetiap makam para pahlawan.(jum/auz)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY