Warga Mengeluh

Proyek Dinas Cipta Karya Kota Diduga Amburadul

Kamis,07 Mei 2015 | 13:46:07 WIB
Proyek Dinas Cipta Karya Kota Diduga Amburadul
Ket Foto : Foto: int

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Proyek semenisasi jalan di Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Pemukiman Kota Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya dan Rumbai tahun 2013 dan 2014 diduga asal-asalan alias amburadul.

Hal ini terlihat dari fisik kegiatan proyek semenisasi dan drainase di wilayah RT 004/RW 12, Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya yang dikerjakan kontraktor CV Panca Purtindo Asri dengan nilai kontrak Rp181.267.000,00- dari APBD Kota Pekanbaru tahun anggaran 2014.

Pasalnya baru beberapa bulan selesai dikerjakan, proyek tersebut mengalami berbagai kerusakan berat pada bagian tepi semenisasi, bahkan di bagian tengahnya berlubang akibat hujan.

Melihat pengerjaan proyek yang asal-asalan tersebut, tokoh masyarakat sekitar Jun (32) meminta pihak Kepolisian dan Kejaksaan agar turun ke lapangan meninjau sejumlah kegiatan proyek milik Dinas Cipta Karya Kota pekanbaru yang diduga sarat dengan penyimpangan. "Jangan hanya meraup keuntungan, tapi imbasnya merugikan masyarakat dan keuangan negara," ungkap Jun.

Ditambahkannya, jika kontraktor nakal dan para oknum pejabat teras di Dinas Cipta Karya dibiarkan, niscaya bangunan (semenisasi, red) di Kota Pekanbaru tidak akan pernah bertahan lama. Jun menghimbau seluruh instansi Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru agar mempunyai tanggung jawab dalam pembangunan sarana dan prasarana. Jangan hanya memikirkan keuntungan pada setiap kegiatan yang berasal dari yang rakyat.

"Pikirkan mutu setiap proyek itu, tindak tegas sajalah, jika menemukan oknum yang mengerjakan proyek asal-asalan, jangan dibiarkan oknum menghancurkan program Pemko Pekanbaru itu sendiri," pinta Jun.

Warga lainnya di RT 004/RW 12, Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya, mengatakan merasa kecewa melihat hasil pekerjaan kontraktor pembangunan jalan semenisasi dan drainase tersebut, karena kontraktor diduga melaksanakan pekerjaan tidak sesuai dengan petunjuk dan teknis (juknis), sehingga diduga dapat merugikan keuangan negara.

Begitu juga terhadap pekerjaan jalan dan semenisasi di Jalan Tirtonadi, Gang Irwana RT.03/RW.10, Kelurahan Srieranti, Kecamatan Rumbai. Proyek milik Dinas Cipta Karya Kota Pekanbaru tersebut, dibangun dari APBD Kota Pekanbaru tahun 2013 lalu dengan biaya sebesar Rp174.000.000.

Kepala Bidang (Kabid) Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Pemukiman Kota pekanbaru, Ridho dan pejabat pelaksana teknis kegiatan PPTK, Suryana belum dapat dikonfirmasi. Pasalnya ketika hendak dikonfirmasi kedua pejabat tersebut tak berada di tempat.(des)



Editor : Edy Sorkam

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY