Pembangunan Cabang Rutan Rohil Memasuki Tahap I

Sabtu,27 Mei 2017 | 16:10:43 WIB
Pembangunan Cabang Rutan Rohil Memasuki Tahap I
Ket Foto : Ilustrasi pembangunan cabang rutan.
BAGANSIAPIAPI, jurnalmetronews.com - Pembangunan Cabang Rumah Tahanan (Cabrutan) yang baru, dinilai merupakan solusi untuk mengatasi persoalan kian padatnya jumlah tahanan yang ada di cabrutan yang terletak di Jalan dr Pratomo, Bagansiapiapi, Rohil.

Pembangunan Cabrutan yang baru terletak di daerah Batu Empat, Kelurahan Bagan Punak Meranti, berdekatan dengan areal Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Saat ini kegiatan tahap satu telah dilaksanakan yakni pembenahan lahan atau tanah lokasi pembangunan.

"Sampai sekarang untuk pembangunan gedungnya masih menunggu, itu urusan pusat. Yang jelas pemerintah daerah telah memberikan kontribusi berupa pemberian tanah hibah untuk pembangunan cabrutan yang baru tapi untuk pembangunannya juga menunggu proses lebih lanjut dari pusat," kata Kepala Cabrutan Bagansiapiapi Jupri Jabbar, baru-baru ini di Bagansiapiapi.

Ia menerangkan jumlah tahanan yang ada mencapai 778 orang, dimana jumlah tahanan tersebut terus bertambah dengan pelimpahan tahap kedua dari kejaksaan.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi persoalan akibat over kapasitas, maka menurutnya harus diterapkan pendekatan yang baik kepada tahanan atau warga binaan guna mencegah terjadinya gesekan. Mengacu pada kasus yang terjadi di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, tidak dipungkiri persoalan di cabrutan bisa terpengaruh.

Pendekatan pembinaan yang baik terangnya diterapkan bila ada persoalan harus segera ditangani agar tidak menimbulkan permasalahan yang lebih luas lagi."Mudah-mudahan kondisi yang ada tetap aman, kondusif kendati terjadi over kapasitas," katanya.(jum/auz)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY