Bupati Siak Berencana Akan Bentuk Musabaqah Ifzil Al-Quran

Rabu,31 Mei 2017 | 16:34:07 WIB
Bupati Siak Berencana Akan Bentuk  Musabaqah Ifzil Al-Quran
Ket Foto : Bupati Siak H. Syamsuar.
SIAK, jurnalmetronews.com - Bupati Siak, H Syamsuar berencana akan membentuk Musabaqah Ifzil Al-Quran di bulan Ramadhan tahun depan. Hal tersebut diungkapkannya mengingat antusias anak-anak dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Siak, yang berlomba-lomba bersama orang tuanya untuk belajar menghafal Al-Quran.

"Insyaallah tahun depan secara khusus akan kita bentuk Musabaqah Ifzil Al-Quran," ujar Bupati Siak, H. Syamsuar pada Safari Ramadan di Masjid Agung Amirul Mukminin, RT.001 RK. 007 Kelurahan Sungai Apit, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Selasa (30/5/2017) malam.

Dijelaskan Syamsuar, dibuatnya Musabaqah Ifzil Al-Quran ini, berdasarkan inisiatif dari guru-guru hafiz di Kabupaten Siak yang menginginkan anak-anak untuk menunjukkan kebolehannya menghafal Al-Quran.

"Jadi, untuk menambah semangat anak-anak ini, yang kami tau di tingkat MA, MI, MTS apalagi pondok pesantren, bahkan ada tumbuhnya beberapa hafiz serta tumbuhnya minat anak-anak di sekolah-sekolah umum untuk belajar Al-Quran, ya kami fikir ini lebih bagus kita siapkan special Musabaqah Ifzil Al-Quran," ungkapnya.

Kemungkinan, lanjutnya, hal ini untuk pertama kalinya ada di Riau, karena setau dia tidak ada satupun Kabupaten di Riau ini yang membuat khusus Musabaqah Ifzil Al-Quran ini.

Selain itu juga Syamsuar berharap agar anak-anak di Siak juga dapat menguasai bahasa asing, terutama bahasa Arab dan Inggris. Karena kedua bahasa ini menjadi syarat atau acuan untuk masuk ke perguruan tinggi di bagian negara timur tengah.

"Harapan saya bagaimana kedepan pendidikan menjadi target kita bersama, sebenarnya anak Siak ini pintar hanya saja kurang pada bahasa. Saya Berharap kepada guru-guru untuk dapat tingkatkan prestasi siswa di bahasa, terutama bahasa inggris dan bahasa arab, karena kedua bahasa ini merupakan modal anak-anak kita melanjutkan pendidikan di sekolah agama internasional," pungkasnya.

Sebelumnya, di laksanakan acara buka bersama dengan masyarakat di Kediaman Camat Sungai Apit, dan setelah itu dilanjutkan dengan tarawih berjamaah. Usai tarawih berjamaah, Syamsuar menyerahkan santunan kepada Anak yatim piatu sebanyak 386 orang, 1 Gulung Karpet Sajadah, Al-Quran Terjemahan dan Simbolis Kartu Indonesia Sehat (KIS).(war)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY