Kadis PMPD Siak Ditetapkan Sebagai Tersangka atas Kasus Simkudes

Kamis,08 Juni 2017 | 18:59:32 WIB
Kadis PMPD Siak Ditetapkan Sebagai Tersangka atas Kasus Simkudes
Ket Foto : Ilustrasi korupsi.
PEKANBARU, jurnalmetronews.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Siak akhirnya menetapkan Kepala Dinas Perberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (PMPD) Kabupaten Siak, Abdul Razak sebagai tersangka atas dugaan kasus korupsi pengadaan paket Sistem Informasi Managemen Administrasi dan Keuangan Desa (Simkudes) tahun 2015.

Menurut Kajari Siak Zondri mengatakan, Kadis tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak seminggu yang lalu yakni tanggal 31 Mei 2017. Atas perbuatannya, negara dirugikan sekitar Rp1,1 miliar.

"Kita sudah menetapkan Kadis PMPD (Abdul Rajak, red) sebagai  tersangka dalam kasus Simkudes ini. Tidak tertutup kemungkinan ada tersangka baru, tergantung perkembangan penyidikan,” ujarnya pada Kamis (8/6).

Lebih lanjut Zondri menyebutkan bahwa penetapan Abdul Razak sebagai tersangka sudah melalui rangkaian penyelidikan yang panjang. Bahkan, jaksa juga melakukan gelar perkara internal untuk menentukan siapa tersangkanya.

"Tim penyidik Kejaksaan masih akan terus memanggil saksi-saksi yang diperlukan untuk melakukan penyidikan kasus ini," sebutnya.

Untuk diketahui bahwa, kasus ini mulai mencuat ketika Dinas PMPD melaksanakan pengadaan paket mengenai sistem informasi managemen administrasi dan keuangan desa pada tahun 2015 silam.

Pengadaan paket tersebut diketahui berbentuk aplikasi yang mana terdapat 122 desa yang terdaftar. Namun menurut audit dari BPKP Riau, hanya 80 desa yang menjalankan aplikasi tersebut.

Padahal untuk membuat program itu Razak mengambil keputusan dengan memfasilitasi rekanan dari Jakarta untuk mengambil paket pengadaan dan jasa. Sementara pengajuan dari pihak desa untuk mengambil paket tersebut malah tidak digubris. Selain itu biaya yang digunakan per desanya mencapai Rp17.325.000, tetapi setelah dilakukan pemeriksaan ternyata software pada aplikasi tak dapat berfungsi lagi.(ica)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY