Pemuda Desa Pulau Palas Gelar Festival Pengantin Sahur yang Sudah Ada Sejak 1970

Minggu,11 Juni 2017 | 19:11:46 WIB
Pemuda Desa Pulau Palas Gelar Festival Pengantin Sahur yang Sudah Ada Sejak 1970
Ket Foto : Para pengantin yang menjadi pemenang dalam acara festival Pengantin Sahur.
PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Festival Pengantin sudah menjadi budaya di masyarakat Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir. Tradisi yang sudah ada sejak tahun 1970 silam tersebut biasanya digelar pada bulan Suci Ramadhan tepatnya saat malam Minggu hingga menjelang waktu sahur.

Kali ini tradisi itu kembali digelar di Pasar Desa Pulau Palas, Minggu (11/6/2017) sekitar pukul 00.30 WIB dini hari. Acara tersebut turut dihadiri oleh Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung beserta anggota lainnya.

Sebelum acara dimulai, para pengantin yang hanya dari kalangan pria saja di rias menjadi layaknya sepasang pengantin pria dan wanita. Para pemuda tersebut merupakan perwakilan dari masing-masing RT, RW dan Dusun yang ada di Desa Pulau Palas.

Terdapat 12 pasang pengantin yang ikut serta dalam festival ini. Nantinya mereka akan dinilai pasangan mana yang riasannya paling cantik dan serasi. Selain itu juga mereka akan diarak keliling kampung dengan menggunakan singgasana yang sudah dihias sedemikian rupa.

"Untuk mengamankan kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 7.000 pengunjung ini, Polres Inhil menurunkan 60 orang Personel, dibantu oleh TNI dan panitia setempat. Festival Budaya Penganten Sahur selesai dilaksanakan pukul 02.30 WIB, dalam keadaan aman terkendali, dan dilanjutkan dengan makan sahur bersama," kaya Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, Minggu (11/6/2017) siang.(ica)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY