Kurangi Angka Kematian Ibu dan Bayi, Dinkes Rohil Bangun 3 Unit RTK

Sabtu,08 Juli 2017 | 18:35:01 WIB
Kurangi Angka Kematian Ibu dan Bayi, Dinkes Rohil Bangun 3 Unit RTK
Ket Foto : Salah satu RTK yang sudah diresmikan oleh Dinkes Pemkab Rohil.
ROHIL, jurnalmetronews.comĀ - Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir sudah mempersiapkan 3 unit Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) untuk mendekatkan akses masyarakat ke fasilitas kesehatan terdekat. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program jaminan persalinan (Jampersal) guna mengurangi angka kematian ibu dan bayi.

"Persalinan harus dilakukan di Puskesmas atau rumah sakit. Oleh karena itu, untuk menjamin keselamatan ibu dan anak dalam kandungannya maka diadakanlah rumah tunggu kelahiran yang aksesnya dekat dengan rumah sakit atau puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Dahniar, S.Kep, Mkes melalui Sekretaris Diskes,H. Ahmad Yusuf,SH, Jumat (7/7) di Bagansiapiapi.

Lebig lanjut Ahmad menjelaskan bahwa Pemkab Rokan Hilir sudah menyiapkan 3 unit RTK di tiga Kecamatan. Yang pertama RTK "Buah Hati" di Kecamatan Bagan Senembah, yang kedua RTK "Sayang Omak" di Kecamatan Pasir Limau Kapas dan ketiga akan segera diresmikan RTK di Kecamatan Bangko," Ungkap Ahmad.

Menurutnya program Jampersal ini berguna untuk memberikan jaminan kepada masyarakat yang tidak memiliki jaminan kesehatan lainnya bagi ibu hamil, ibu melahirkan dan nifas serta bayi yang baru lahir dengan resiko tinggi.

"Rumah tunggu memiliki fasilitas tempat tidur, dapur dan kamar mandi dimana ibu-ibu yang akan melahirkan bisa tinggal sampai selesai persalinan. Biasanya mereka ditemani anggota keluarga selama menunggu atau pendamping dan mereka juga diberi makan. Untuk semua pembiayaannya gratis, karena sudah ditanggung pemerintah," jelasnya.(jum/auz)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY