Kejari Rohil Tahan Penghulu yang Sebabkan Kerugian Negara Rp400 Juta

Kamis,20 Juli 2017 | 22:09:29 WIB
Kejari Rohil Tahan Penghulu yang Sebabkan Kerugian Negara Rp400 Juta
Ket Foto : Kajari Rohil Bima.
BAGANSIAPIAPI, jurnalmetronews.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Rokan Hilir telah melakukan penahanan terhadap penghulu atau kepala desa Labuhan Tangga Hilir, Kecamatan Bangko, berinisial JMD yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dengan kerugian negara mencapai Rp400 juta.

"Ini tugas kami untuk menegakan hukum dan kami telah memberikan contoh kemaren kejari rohil telah melakukan penahanan terhadap penghulu dengan kerugiaan negara sebesar kurang lebih Rp400 juta," ujar Kepala Kejari Rohil Bima Suprayoga SH MHum, Kamis (20/7/2017) siang.

Menurutnya penahanan itu dilakukan sebagai bentuk upaya hukum dan peringatan kepada ASN yang ada di Rohil agar tidak memperkaya diri sendiri dengan anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan. Apalagi korupsi terhadap dana desa yang mendapat perhatian khusus langsung oleh Presiden RI Jokowidodo.

"Kenapa kami melakukan upaya hukum ini supaya menjadi peringataan warning semua penghulu di Kabupaten Rokan Hilir. untuk mengunakan dana desa mendapatkan perhatian khusus dari Presiden Jokowi Dodo. Rp400 juta bukan jumlah kecil kalau terjadi kebocoran di mana-mana bisa kita ketahui akibatnya sangat merugikan masyarakat pada umumnya," jelas Bima.

JMD diduga telah melakukan korupsi terhadap Dana Bantuan Keuangan/Silpa tahun 2015 dan Alokasi Dana Kepenghuluan (ADK) tahun 2016.

Modusnya yaitu dengan cara tidak mengerjakan sebagian pekerjaan fisik dan tidak menyetorkan pajak yang seharusnya disetorkan ke kas daerah. Hal itu menyebabkan kerugian negara yang cukup besar.

Tersangka sendiri sudah resmi ditahan oleh Kejari Rohil menunggu proses selanjutnya. Untuk sementara dia ditahan di Rutan Bagansiapi-api.

Penulis: jum/auz
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY