Lahan di Kecamatan Bangko Terbakar, Pemilik Merupakan Warga Sumatera Utara

Selasa,01 Agustus 2017 | 17:50:47 WIB
Lahan di Kecamatan Bangko Terbakar, Pemilik Merupakan Warga Sumatera Utara
Ket Foto : Petugas sedang memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Bangko, Rohil.
BAGANSIAPIAPI, jurnalmetronews.com, Titik panas (Hotspot) di Provinsi Riau pada Senin (31/7/2017) pagi jumlahnya mencapai 30 titik yang tersebar di sembilan kabupaten. Rokan Hilir (Rohil) terpantau ada enam titik. Namun dari enam tersebut terdapat level confidence sebanyak tiga titik.

Mirisnya lagi diketahui bahwa salah satu lahan yang terbakar di Gang Seiya, Kelurahan Bagan Punak, Kecamatan Bangko adalah milik warga Sumatra Utara (Sumut). Keterangan ini didapat pihak kepolisian saat turun berjibaku memadamkan api di wilayah tersebut, Senin (31/7/2017) siang kemaren.

Kapolsek Bangko, Kompol Agung Triadi, SIK bersama puluhan personel turun melakukan pemadaman, saat ini pihaknya berjibaku dan tidak akan pulang sebelum padam. "Lokasinya luar biasa jauh, tapi sesuai intruksi Kapolres harus kita padamkan sampai tuntas," kata Kapolsek.

Tim Polsek Bangko turun ke Gang Seiya, Kelurahan Bagan Punak. Pihaknya langsung melakukan lidik di lapangan bahwa pemilik lahan bukanlah orang Rohil. "Kita sudah tanya warga sekitar bahwa pemiliknya orang Sumut," ujar Agung.

Sementara ini lokasi tersebut akan dipasang Police Line oleh polisi dan tidak dibenarkan siapapun melakukan aktifitas. Pihaknya akan melakukan penyelidikan lanjut atas kondisi ini mengingat banyak pihak yang dirugikan akibat Karlahut tersebut. "Kita akan tangkap siapapun pemilik lahan ini, yang jelas sudah tak lagi bisa dibiarkan karena lahan dibakar tapi pemilik tak berada di tempat." tegas Kapolsek.

Kepala badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil, H Azhar Achmad Ali, SE MSi mengatakan bahwa kini pihaknya bersama TNI dalam hal ini langsung Dandim 0321, Letkol Atr Bambang Sukisworo tengah melakukan pemadaman di Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil, Kecamatan Bangko. 

Ia memaparkan berdasarkan pantauan Satelit? Tera Aqua dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, sebarannya antara lain di Kabupaten Inhil, Pelalawan, dan Dumai masing-masing satu titik panas. 

Selanjutnya, Meranti dan Inhu masing-masiing dua titik panas. Disusul Siak tiga titik panas dan Rohul empat titik panas.

Kemudian, Rohil enam titik dan panas dan terbanyak di Bengkalis sepuluh titik panas. "30 titik panas tersebut masuk dalam level confidence lebih dari 50 persen. Sedangkan untuk hotspot berlevel confidence di atas 70 persen tercatat ada sepuluh titik yang berkemungkinan titik api. "Di Kabupaten Bengkalis ada enam titik, Rohil tiga titik, Siak satu titik dan Inhu satu titik," kata Azhar.

Untuk Bangko terdapat Empat titik api, sedangkan dua lagi di Tanah Putih dan Bagan sinembah. "Untuk saat ini kita fokus di hutan sekitaran Labuhan Tangga Kecil, memamg medannya sulit dijangkau karena jauh dari jalan sehingga menuju kesana harus membuka jalan baru melalui semak belukar," pungkasnya.(jum/auz)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY