Buka Lahan dengan Cara Membakar, PNS Ini Diamankan Polisi

Rabu,02 Agustus 2017 | 14:15:06 WIB
Buka Lahan dengan Cara Membakar, PNS Ini Diamankan Polisi
Ket Foto : Kapolsek Tapung Kompol Indra Rusdi bersama tim melakukan pemadaman di lokasi Karlahut.
KAMPAR, jurnalmetronews.com, Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pekanbaru berinisial HR (57) diamankan Polsek Tapung Polres Kampar lantaran diduga telah membuka lahan dengan cara membakarnya.

HR yang merupakan warga Jalan Pembangunan Kelurahan Labuh Baru Timur, ini didug sengaja membakar lahannya yang berada di KM 11 Jalan Garuda Sakti, wilayah Dusun III Kandis Baru, Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Selasa (1/8/2017) siang.

"Kita mendapat informasi dari masyarakat sekitar pukul 14.40 WIB bahwa ada kebakaran lahan di Garuda Sakti KM 11, kemudian Bhabinkamtibmas Desa Karya Indah bersama Babinsa dan Manggala Agni serta Masyarakat Peduli Api Desa Karya Indah langsung melakukan pengecekan kelokasi kebakaran lahan," ujar Kapolsek Tapung Kompol Indra Rusdi, Rabu (2/8) pagi.

Dari hasil pengecekan, ternyata benar bahwa lahan itu terbakar. Kemudian dilakukanlah upaya pemadaman.

"Diperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai 1 hektar. Dari keterangan saksi, pemilik lahannya lah yang membakarnya," jelasnya.

Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 17.00 WIB. Hanya saja kepulan asap masih tampak pada lahan yang sebelumnya ditumbuhi dengan semak belukar itu.

"Kita masih melakukan pemeriksaan terhadap pelaku dan saksi-saksi serta melengkapi bukti-bukti untuk menjerat terduga pelaku pembakaran lahan ini," tuturnya.

Kapolsek juga menghimbau warga masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, selain mengganggu dan merusak lingkungan, para pelaku juga diancam sanksi tegas dengan hukuman penjara.(sya)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY