Gubri hadiri Festival Permainan Rakyat

Rabu,09 Agustus 2017 | 16:33:32 WIB
Gubri hadiri Festival Permainan Rakyat
Ket Foto : Gubri didampingi Kadis Kebudayaan menghadiri festival rakyat.
PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Festival permainan rakyat se-Provinsi Riau dengan tema “Menghulu Budaya, Menghilir Riau Berintegritas” digelar di Taman Budaya Provinsi Riau, Rabu (9/8/2017).

Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman didampingi Kadis Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zein beserta jajarannya, koreografer dari Belanda, Sumbar, dan Riau, juri perlombaan dan peserta lomba dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Yoserizal Zein selaku Ketua Panitia dalam acara ini, dalam festival permainan rakyat diperlombakan, yaitu Gasing, congkak, dan layang-layang, berbalas Pantun, tari Zapin, dan lain-lain.

Yoserizal Zein mendapat kabar Tim Riau yang ikut cerdas cermat menjadi juara 2 tingkat nasional, diwakili dari Pelalawan dilaksanakan di Museum Gajah.

Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan dalam sambutannya mengatakan, mendukung dalam memajukan kebudayaan Melayu, harus menjaga lingkungan tidak boleh merusak, maka diwujudkan Riau yang berintegritas.

"Kita perlu mendukung terus, khususnya Dinas Kebudayaaan tugas tupoksi terus dilanjutkan, mudah-mudahan pertandingan yang diadakan terus disosialisasikan terus menerus, harus kita masyarakatkan lagi yang kita ajukan di take line Riau yang berintegritas, negara maju juga tetap memprioritaskan kebudayaan terutama kebudayaan Melayu," ucapnya.

Pembukaan acara ini ditandai pemukulan ligu permainan yang mirip dengan golf, tetapi ligu ini terbuat dari batok kelapa yang disusun sejajar yang ditancapkan di atas pasir. (rls/sya)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY