Mahathir Mohamad Dilempar Sepatu, 3 Pemuda Malaysia Ditangkap

Senin,14 Agustus 2017 | 10:31:59 WIB
Mahathir Mohamad Dilempar Sepatu, 3 Pemuda Malaysia Ditangkap
Ket Foto : Foto : int
KUALA LUMPUR, jurnalmetronews.com - Sedikitnya tiga pemuda ditangkap Kepolisian Malaysia setelah mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, dilempar sepatu dan kursi saat menghadiri forum yang digelar oposisi pemerintahan Perdana Menteri Najib Razak. Ketiga pemuda yang ditangkap berusia di bawah 19 tahun.

Insiden ini terjadi dalam forum bernama 'Nothing To Hide 2.0' yang digelar di Shah Alam, Malaysia pada Minggu (13/8) waktu setempat. Mahathir (92) hadir sebagai chairman koalisi Pakatan Harapan dan pemimpin partai oposisi Bersatu.

Dituturkan Kepala Kepolisian Shah Alam, Shafien Mamat, seperti dilansir media lokal Malaysia, The Malaysian Insight, Senin (14/8/2017), ketiga tersangka berusia antara 17 tahun hingga 19 tahun. Salah satu dari mereka diketahui merupakah mahasiswa dari Shah Alam.

"Kami belum memutuskan akan mendakwa mereka dengan pasal apa, karena belum ada yang mengajukan laporan ke polisi," ucap Shafien Mamat.

Namun secara terpisah, pengacara Mahathir, Mohamed Haniff Khatir Abdulla, menyatakan Partai Bersatu akan mengajukan laporan ke polisi terkait insiden ini untuk membantu penyelidikan.

Insiden ini terjadi saat forum telah berjalan selama 90 menit dan Mahathir tengah meladeni sesi tanya-jawab dengan para hadirin. Beberapa orang yang hadir tiba-tiba melemparkan sepatu, botol air minum dan kursi ke arah Mahathir. Bahkan beberapa orang lainnya menyalakan suar di dalam gedung tempat digelarnya forum tersebut.

Ditambahkan Shafien Mamat bahwa tidak ada korban luka serius dalam insiden itu. Meskipun penyelenggara forum menyebut ada dua orang luka-luka dalam insiden itu.

Shafien Mamat menegaskan bahwa penyelenggara forum itu bertanggung jawab atas keselamatan publik dalam acara yang digelar. Dia menyebut, penyelenggara forum telah memberitahu polisi soal acara itu sekitar 10 hari sebelumnya, sesuai dengan hukum yang berlaku.

Forum ini digelar oleh poros pemuda Partai Bersatu, Bersatu Youth (Armada). Tujuan dari forum ini adalah menjadi platform bagi Mahathir dengan PM Najib untuk berdebat soal isu-isu terkait 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang dilanda skandal korupsi. PM Najib tidak hadir dalam forum yang digelar di Selangor Youth and Culture Complex di Shah Alam ini. (dtc/sya)
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY