Terjadi Pengurangan Dana dari Pemerintah Pusat

Pemko akan Rasionalisasi RAPBD-P

Kamis,21 Mei 2015 | 18:03:44 WIB
Pemko akan Rasionalisasi RAPBD-P
Ket Foto : Sekko Pekanbaru, Syukri Harto

PEKANBARU (jurnalmetronews.com)- Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan. Dalam pembahasan itu, akan terjadi rasionalisasi diakibatkan penerimaan dari pemerintah pusat berkurang.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota (Sekko) Pekanbaru, Syukri Harto kepada jurnalmetronews.com, Kamis (21/5/2015). "Ada beberapa anggaran yang akan dikurangkan hingga akan dihilangkan," kata Syukri Harto.

Sekko Pekanbaru tidak merinci anggaran mana yang akan berkurang dan bertambah. Rasionalisasi anggaran dilakukan, karena ada kejadian tertentu, seperti perubahan penerimaan dari pemerintah pusat dalam hal dana perimbangan baik melalui Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 36 Tahun 2015 pada 17 maret 2015, ungkap Syukri Harto, penerimaan untuk pemerintah kota Pekanbaru dari dana pusat dikurangi sebesar Rp477, 165 miliar.

Terhadap langkah tersebut, maka Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali menyusun ulang anggaran perubahan, karena berkurangnya bantuan dana dari pusat. Tentu saja, hal itu berpengaruh terhadap belanja daerah. "Itulah yang disebut rasionalisasi. Sekarang ini Pekanbaru sedang melakukan hal tersebut," ungkap Syukri Harto.

Mekanisme sudah berjalan dengan baik, yakni dengan mengumpulkan semua Kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan juga mengambil langkah merasionalkan anggaran perubahan tersebut. Ditambhakan Sekko, tidak semua anggaran akan dirasionalisasikan, namun untuk program yang strategis tidak dihilangkan, seperti komponen gaji.

Begitu juga terhadap SKP, untuk di kecamatan karena anggarannya, termasuk kecil maka tidak ada rasionalisasi. "Kami secepatnya menyelesaikan rancangan anggaran ini agar bisa masuk DPDR Kota Pekanbaru sehingga segera bisa direalisasikan," ungkap Syukri Harto. (des)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY