Myanmar Diduga Bunuh Sejumlah Warga Rohingya Termasuk Wanita dan Anak

Jumat,01 September 2017 | 21:10:39 WIB
Myanmar Diduga Bunuh Sejumlah Warga Rohingya Termasuk Wanita dan Anak
Ket Foto : Tentara Myanmar.
Rakhine, jurnalmetronews.com - Sejumlah warga Rohingya termasuk di dalamnya anak-anak dan perempuan dibunuh aparat keamanan Myanmar dan warga lokal. Kejadian ini semakin memperburuk kondisi negara tersebut.

Kejadian tersebut berlangsung di Desa Chut Pyin. Tempat itu dekat dengan kota Rathedaung di Barat Myanmar.

"Sejauh ini, dari sumber cukup terpercaya ada lebih 130 orang termasuk perempuan dan anak-anak yang dibunuh," ucap Direktur LSM untuk membantu Rohingya Arakan Project, Chris Lewa seperti dikutip dari ABC, Jumat (1/9/2017).

"Kejadian itu terjadi pada Minggu (pekan lalu), saat itu secara tiba-tiba aparat keamanan dan warga lokal mengepung desa tersebut, ini seperti sebuah pembantaian besar," papar dia.

Media Australia ABC menuliskan dari video yang diterimanya terlihat aparat keamanan turut membakar desa yang ditempati Rohingya. Usai itu, mereka mengubur jenazah di sebuah tanah lapang.

Kuburan tersebut terindetifikasi berada di Desa Ah Htet Nan Yar. Diduga ada 135 warga Rohingya yang dikubur di tempat tersebut.

Meski demikian, ABC menyatakan mereka belum bisa memastikan keaslian video itu. Otoritas Myanmar pun menolak berkomentar.

Keadaan di Myanmar diperparah dengan keterangan kepolisian, terkait 12 anggotanya yang dibunuh milisi Rohingya. Kejadian tersebut berlangsung pada Jumat pekan lalu, ketika sebuah pos polisi mendapat serangan dari grup pemberontak itu.

Demi membalas kejadian tersebut, pada Kamis lalu, Aparat Keamanan Myanmar menggelar operasi pembasmian pemberontak Rohingya. Operasi itu menewaskan 370 milisi di seluruh Rakhine.

Berita ini telah tayang di Liputan6.com berjudul Myanmar Dituduh Bantai Ratusan Perempuan dan Bocah Rohingya.
Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY