Penyuluhan Hukum Kanwil Kemenkum dan Ham

Warga Kecamatan Tambang Terima Konsultasi Hukum Gratis

Kamis,28 Mei 2015 | 01:15:08 WIB
Warga Kecamatan Tambang Terima Konsultasi Hukum Gratis
Ket Foto : Petugas Penyuluh Hukum dari Kanwil Kemenkum dan Ham Riau melakukan penyuluhan hukum di Pasar Pekan, Danau Bingkuang, Desa Tambang, Kecamatan Tambang, Kampar, Rabu (27/5/2015).

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia kembali melakukan penyuluhan hukum keliling. Kali ini turun ke Pasar Pekan Danau Bingkuang di Desa Tambang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Rabu (27/5/2015).

Penyuluhan hukum keliling telah dilakukan ke-4 kalinya oleh Tim Pemyuluhan Hukum Keliling Kanwil Kementerian Hukum dan Ham Riau di tahun 2015.

Dalam penyuluhan hukum keliling kali ini ada 6 orang pemohon konsultasi yang menghadap kepada 2 orang konsultan hukum dari tim penyuluhan hukum keliling yang bernama M. Nashier Pasaribu, SHI, MH dan Edison Manik, SH., MSi.

Adapun permasalah hukum yang dikonsultasikan masyarakat tersebut berkenaan tentang sengketa tanah, perceraian, permasalahan pelayanan BPJS dan narkoba.
Pada penyuluhan hukum keliling dilakukan penyebaran brosur informasi hukum tentang pertanahan, pengetahuan dasar hukum, dan informasi bantuan hukum gratis bagi masyarakat tidak mampu yang berhadapan dengan hukum. Tidak ketinggalan juga pembagian stiker yang memuat pesan-pesan hukum kepada para remaja dan pelajar.

"Penyuluhan hukum keliling ini dilaksanakan adalah wujud implementasi peraturan Menteri Hukum dan Ham Nomor 28 tahun 2014 tentang Organisasi Tata Laksana Kementerian Hukum dan Ham RI, sebagai peran Kanwil Kementerian Hukum dan Ham di daerah untuk menciptakan masyarakat taat dan berbudaya hukum sebagaimana yang dicita-citakan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) di bidang hukum," ujar Nashier Pasaribu.

Ia berharap dengan dilakukannya penyuluhan hukum keliling ini masyarakat Desa Tambang dapat mengetahui informasi hukum, khususnya materi hukum yang disampaikan kepada mereka.

Mengingat adegium fiksi hukum mengatakan, masyarakat dianggap tahu hukum atau peraturan meskipun mereka tidak mengetahui hukum itu sendiri.  Dilaksanakannya penyuluhan hukum Keliling di Pasar Pekan Danau Bingkuang, Desa Tambang, Kabupaten Kampar dengan sasaran masyarakat umum dan mereka yang tidak mampu secara ekonomi atau miskin. (des)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY