Ade Hartati : Pendidikan tak Boleh Terlibat untuk Tujuan Politik

Rabu,27 September 2017 | 10:48:30 WIB
Ade Hartati : Pendidikan tak Boleh Terlibat untuk Tujuan Politik
Ket Foto :

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Pendidikan tak boleh terlibat atau dilibatkan dalam proses pencapaian tujuan politik merebut kekuasaan yang bersifat personal atau perorang atau sekelompok orang.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Provinsi Riau, Ade Hartati menanggapi spanduk Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman yang bertuliskan "Lanjutkan, Pendidikan yang Merata dan Berkualitas", Rabu (27/9/2017). 

Anggota Dewan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai politik dan pendidikan harus dipahami bersama, bahwa politik itu tentang persepsi, artinya politik bisa diterjemahkan dalam bentuk apapun oleh orang per orang ataupun sekelompok orang. 

Dalam hal ini, maka politik dikaitkan pada pendidikan, dimana pendidikan merupakan sumber utama yang bertujuan untuk menciptakan sebuah kehidupan yang baik (good life). 

Masing-masing orang, ujar Ade, mempunyai persepsinya sendiri mengenai apa yang dimaksud dengan kehidupan yang baik (good life/Afistoteles). Oleh sebab itu, setiap orang mempunyai konsep yang berbeda mengenai pendidikan. 

"Sebagian kita berpandangan bahwa untuk mencapai suatu masyarakat yang cerdas dan sejahtera, maka dibutuhkan sebuah konsep yang baik. Konsep pendidikan yang baik akan tercipta dalam sistem pemerintahan yang baik," kata Ade Hartati.

Sistem dan kondisi politik juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pendidikan, karena pendidikan adalah metode yang paling fundamental untuk menuju masyarakat yang cerdas dan sejahtera. (war)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY