FBI Sebut Penembakan di Las Vegas Tidak Terkait ISIS

Selasa,03 Oktober 2017 | 09:30:59 WIB
FBI Sebut Penembakan di Las Vegas Tidak Terkait ISIS
Ket Foto :

LAS VEGAS, jurnalmetronews.com - Biro Investigasi Federal (FBI) dengan tegas membantah klaim kelompok yang selalu menyeret agama dalam kegiatann terorismenya, Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

FBI mengatakan, Stephen Craig Paddock (64), pelaku penembakan yang membunuh 58 orang dan melukai lebih dari 500 orang dalam serangan di sebuah konser di Mandala Bay, Las Vegas, AS, tidak memiliki hubungan dengan kelompok teroris internasional.

Penjelasan itu sekaligus untuk mematahkan klaim ISIS bahwa Paddock adalah “tentara ISIS” dan “baru memeluk Islam beberapa bulan lalu”.

Pengumuman FBI itu disampaikan salah satu pejabatnya, Aaron Rouse, pada sebuah konferensi pers Senin (3/10/2017), tak lama setelah ISIs mengklaim tanpa dasar atas serangan itu.

Klaim ISIS itu dinilai berlebihan atau pada masa lebih banyak asal klaim. Pihak berwenang belum mengidentifikasi motif penembakan tersebut, namun Paddock bertindak seorang diri.

Sebelum ISIS mengajukan klaimnya lewat kantor berita propaganda mereka, Amaq,aparat kepolisian Las Vegas juga menegaskan, Paddock bertindak sendiri dan tidak ada kaitan dengan aksi terorisme.

Kelompok ISIS yang dipimpin Abu Bakr al-Baghdadi terlalu sering mengklaim, dan pada umumnya klaim itu tidak berdasar dan tidak ada kaitan dengan mereka.

Begitu pula ketika Baghdadi mengumumkan “kekhalifahan” versi ISIS di masjid Al Nuri di Mosul, pada 2014, banyak tokoh Islam dunia mengecam ISIS kerena jauh dari Islam sejati.

Para tokoh itu juga mengimbau publik agar tidak lekas percaya atau terjebak pada propaganda sesat dan ajaran keras ISIS. Islam mengajarkan hidup yang damai, toleran, dan tidak mengajarkan kekerasan.


Artikel ini telah dipublikasikan di kompas.com dengan judul: FBI: Penyerang di Las Vegas Tidak Terkait dengan ISIS pada Selasa, 3 Oktober 2017 | 09:18 WIB

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY