Terungkap, Eksperimen Kawin Silang Kera-Manusia di Masa Lalu

Rabu,04 Oktober 2017 | 11:09:10 WIB
Terungkap, Eksperimen Kawin Silang Kera-Manusia di Masa Lalu
Ket Foto :

MOSKOW, jurnalmetronews.com - Teknologi dan ilmu pengetahuan mengalami kemajuan pesat pada akhir Abad ke-19 dan awal Abad ke-20 sehingga mengusik rasa penasaran manusia untuk mencoba-coba, bahkan kemungkinan yang paling aneh sekalipun.

Salah satunya adalah gagasan untuk menciptakan makhluk campuran manusia dan kera untuk ditugaskan menjadi tentara.

Saat Eropa sedang menghadapi nasionalisme ekstrem yang mencari-cari ras unggul, seorang ilmuwan bernama Ilya Ivanov dari Uni Soviettelah berhasil melakukan kawin silang beberapa jenis mamalia, termasuk zebra dan keledai. Ia mencoba melangkah lebih jauh untuk mengupayakan kawin silang manusia dengan kera.

Beberapa tahun kemudian, eksperimen-eksperimen nyeleneh Ivanov menjadi perhatian Stalin yang konon meminta para ilmuwan untuk mengembangkan ras campuran manusia-kera menjadi tentara yang sangat kuat dan bertugas dalam militer Soviet.

Sebenarnya rencana seperti itu tidak pernah ada dalam pemikiran Stalin. Bahkan pembentukan kekuatan tempur pun sebenarnya tidak pernah menarik bagi Ivanov. Ia hanya ingin membuktikan bahwa penciptaan manusia-kera (humanzee) memang bisa dilakukan.

Seperti dikutip dari ranker.com pada Selasa (3/10/2017), kisah sebenarnya sehingga Ivanov mendapatkan sedikit pendanaan untuk eksperimen malah lebih seru.

Tapi benarkah Stalin terlibat dalam proyek Kera-Manusia?

Josef Stalin mudah saja dipersalahkan untuk berbagai kejahatan karena – dalam banyak kasus – diktator itu memang bersalah dalam banyak kejahatan.

Tapi dugaan bahwa ia mendorong, mendanai, atau mengarahkan proyek untuk menciptakan ras campuran manusia-kera adalah tidak benar.

Kemajuan ilmu pengetahuan saat itu memang menjadi lahan subur bagi berbagai eksperimen dan program yang aneh bahkan tidak etis.

Misalnya eugenik untuk pemuliaan ras tertentu dan menjadi bukti bahwa kelompok orang dengan kekuasaan dan kekuatan keuangan penasaran menggunakan ilmu pengetahuan untuk menguasai dan mengendalikan populasi.

Artikel ini telah dipublikasikan di liputan6.com dengan judul: Eksperimen Kawin Silang Manusia-Kera di Masa Lalu Terungkap

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY