Terbukti Palsukan SKGR Tanah, Tiga Lurah Divonis 10 Bulan Penjara

Jumat,20 Oktober 2017 | 07:52:43 WIB
Terbukti Palsukan SKGR Tanah, Tiga Lurah Divonis 10 Bulan Penjara
Ket Foto :

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru yang diketuai Hakim Khamazaro Waruwu memvonis tiga lurah di Pekambaru selama 10 bulan kurungan penjara karena dinilai terbukti memalsukan Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) tanah.

"Menghukum terdakwa Fadliansyah, Budi Marjohan dan Gusril dengan penjara selama 10 bulan dipotong masa tahanan," ujar Waruwu yang didampingi hakim anggota Sulhanuddin dan Fatimah pada Kamis (19/10/2017).

Fadliansyah merupakan Lurah Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki,  Budi Marjohan merupakan Lurah Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, sedangkan Gusril merupakan Lurah Sungai Ambang yang sebelumnya menjabat menjabat Lurah Lembah Damai, Kecamatan Rumbai Pesisir.

Dalam amar putusan, hakim mengatakan kalau ketiganya terbukti melanggar Pasal 263 ayat (1) jo Pasal 55 KUHPidana tentang membuat dan/atau menggunakan surat palsu yang menimbulkan hak yang menimbulkan kerugian bagi orang lain.

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni Sukatmini dan Ayu Susanti menjerat ketiga terdakwa dengan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara. Atas putusan hakim tersebut tersebut, JPU pun menyatakan bahwa pihaknya.

Kejadian bermula saat ketiga terdakwa dilaporkan oleh Boy Desvinal ke Polresta Pekanbaru atas pemalsuan SKGR di tanah miliknya seluas 6.987,5 meter persegi di Jalan Pramuka RT 04 RW 04, Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir.

Di tanah Boy tersebut, telah berdiri sebuah pondok kayu yang diketahui milik orang lain.

Saat itu, Gusril menjabat sebagai Lurah, Fadliansyah sebagai Sekretaris Lurah dan Budi Marjohan sebagai Tapem pada tahun 2012.

Mereka menandatangani penerbitan SKGR Nomor 22/PEM/LS/II/2012 tanggal 14 Februari 2012 yang diketahui oleh Lurah Lembah Sari dan Camat Rumbai Pesisir dengan nomor register 595.3/KRP-PEM/115 tanggal 14 Februari 2012 yang ternyata palsu.(sya)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY