Tiga Tuntutan Aliansi Mahasiswa dan Organisasi Kepemudaan di Polda Riau

Selasa,24 Oktober 2017 | 16:41:37 WIB
Tiga Tuntutan Aliansi Mahasiswa dan Organisasi Kepemudaan di Polda Riau
Ket Foto :

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Organisasi Kepemudaan se-provinsi Riau menggelar aksi demonstrasi di depan Mapolda Riau, pada Selasa (24/10/2017) sore.

Dalam aksi tersebut, presiden badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau, Rinaldi menyampaikan tiga tuntutan.

Yang pertama, menuntut Polda Metro Jaya untuk membekukan empat mahasiswa Indonesia yang yang ditahan dan menjadi status tersangka segera dibebaskan.

Kedua, mengutuk tindakan represif aparat kepolisian terhadap mahasiswa Indonesia dan yang ketiga mendesak pihak kepolisian yang merupakan penegak hukum agar menjamin hak mahasiswa dan masyarakat Indonesia dalam menyampaikan pendapat di muka umum sebagaimana diatur dalam UU RI nomor 8 tahun 1998.

Sebelumnya, seluruh mahasiswa yang tergabung dalam BEM mengadakan aksi demonstrasi evaluasi tiga tahun kerja Jokowi-JK di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Jumat (20/10/2017) lalu.

Dalam aksi tersebut, 14 orang mahasiswa yang terdiri dari berbagai universitas diamankan oleh Polda Metro Jaya salah satunya adalah mahasiswa Universitas Riau.

"Jika alasannya demo tanggal 20 bukankah dilindungi oleh undang-undang. Apakah salah jika kritik penguasa kita," tukas Rinaldi.(sya)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY