Usai Raker di Jakarta, Andi Rahman Minta Kepala Daerah Perhatikan Inflasi di Daerahnya

Rabu,25 Oktober 2017 | 13:17:02 WIB
Usai Raker di Jakarta, Andi Rahman Minta Kepala Daerah Perhatikan Inflasi di Daerahnya
Ket Foto : Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, mengatakan bahwa seluruh kepala daerah baik walikota maupun bupati di masing-masing daerah Provinsi Riau haruslah memperhatikan laju inflasi di daerahnya.

"Masalah inflasi kepala daerah, gubernur dan Bupati harus memperhatikan inflasi di daerahnya," ujar Andi Rahman pada Rabu (25/10/2017) siang.

Hal tersebut disampaikan Andi setelah mengikuti rapat kerja (raker) pemerintah se-Indonesia yang dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara pada Selasa (24/10) kemarin.

Dalam rapat tersebut, Jokowi membahas mengenai pertumbuhan ekonomi, inflasi dan serapan anggaran.

"Pengganggaran itu money follow the program, karena kita butuh untuk menyelesaikan proyek itu jadi tak ada proyek yang terputus-putus penyelesaiannya," jelasnya.

Andi mencontohkan pada proyek infrastruktur yang dibangun untuk tahun ini adalah pondasi. Setelah pondasi rampung maka di tahun depan akan dianggarkan lagi untuk pembangunan selanjutnya.

"Misalnya tahun ini pondasi dulu, kemudian tahun depan dianggarkan lagi. Tapi kalau follow the program dalam satu periode bisa selesai," tuturnya.

Seperti yang dilansir dari laman presidenri.go.id, Jokowi menegaskan kepada para kepala daerah untuk segera meninggalkan pola lama dalam pengelolaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Pola lama yang dimaksud adalah pembagian dana APBD ke sejumlah dinas sehingga menyebabkan pengelolaan yang tidak terfokus dan terarah.

Selain itu Jokowi juga mengingatkan mengenai penggunaan anggaran seharusnya dialokasikan kepada sesuatu yang memiliki nilai manfaat besar bagi masyarakat seperti halnya proyek infrastruktur.(sya)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY