Habis Masa Tugas, Dua Polisi yang Bertugas di KPK Dikembalikan ke Polri

Selasa,31 Oktober 2017 | 16:23:36 WIB
Habis Masa Tugas, Dua Polisi yang Bertugas di KPK Dikembalikan ke Polri
Ket Foto : Kompas.com

JAKARTA, jurnalmetronews.com - Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul membenarkan ada dua polisi yang dikembalikan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedua polisi tersebut telah menyelesaikan tugasnya sebagai penyidik yang ditempatkan di KPK.

"Kedua perwira tersebut sudah selama sembilan tahun bertugas dan kemudian dikembalikan," ujar Martinus di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Namun, belakangan beredar bahwa dua penyidik tersebut diduga terlibat dalam penghilangan barang bukti. Terkait isu tersebut, Martinus mengaku tidak mengetahuinya. Menurut dia, KPK yang berwenang untuk menjelaskannya.

"Karena kedua perwira tersebut ada di KPK, maka tentu KPK yang berkepentingan menjelaskan apakah memang benar sepertu informasi yang beredar atau tidak," kata Martinus.

Lagipula, kata Martinus, informasi soal dugaan keterlibatan dua polisi tersebut belum terkonfirmasi. Selama ini isu tersebut baru beredar di kalangan wartawan. Meski begitu, Polri memiliki mekanisme untuk mendalami sendiri kebenaran informasi tersebut.

"Bagi kami, info yang beredar itu tentu kami tindaklanjuti secara internal. Kita dalami," kata Martinus.

Sebelumnya, juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pada Oktober 2017, dua penyidik akan dikembalikan ke institusi Polri pada Oktober 2017.

Selain habisnya masa tugas, aspek kebutuhan institusi asal menjadi pertimbangan dikembalikannya dua penyidik Polri tersebut.

"Proses rekruitmen dan penugasan seperti ini merupakan hal yang wajar dalam aspek kepegawaian di manapun, baik di KPK ataupun Polri," ujar Febri di Gedung KPK Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Sebagai gantinya, pada September 2017, KPK menerima enam penyidik dari Polri. Mereka diangkat setelah melalui proses seleksi. Saat ini, jumlah penyidik KPK 93 orang. Sebanyak 48 di antaranya berasal dari Polri dan 45 orang merupakan pegawai tetap yang diangkat oleh KPK.

Berita ini telah dipublikasikan di kompas.com dengan judul: Polri Sebut Dua Polisi Dikembalikan dari KPK karena Habis Masa Tugas

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY