Raja Salman Ganti Kabinet Arab Saudi dan Bentuk Komite Khusus

Minggu,05 November 2017 | 11:35:31 WIB
Raja Salman Ganti Kabinet Arab Saudi dan Bentuk Komite Khusus
Ket Foto : Raja Salman Arab Saudi.

JEDDAH, jurnalmetronews.com - Raja Salman mengumumkan pergantian dalam kabinet Arab Saudi dan memerintahkan dibentuknya komite khusus untuk memberantas korupsi.

Pergantian di kabinet menyasar jabatan Menteri Pertahanan Nasional, yang semula dijabat Miteb bin Abdullah digantikan Pangeran Khaled bin Ayyaf.

Serta Menteri Perekonomian Adel Fakieh digantikan Mohammed Al-Tuwaijri.

Pergantian juga terjadi pada jabatan Panglima Angkatan Laut, yang semula dipegang Abdullah Al-Sultan diserahkan kepada Laksamana Fahad Al-Ghofaili.

Sedangkan pembentukan komite anti-korupsi dipimpin putra mahkota Mohammed bin Salman yang langsung mengeluarkan perintah penahanan kepada sejumlah pangeran dan pelaku bisnis yang diduga terlibat kasus korupsi.

Dikutip Arab News, keputusan kerajaan terkait tugas komite anti-korupsi adalah mengidentifikasi pelanggaran, kejahatan, dan orang-orang yang terlibat dalam kasus korupsi.

Sebelumnya, komite anti-korupsi itu telah memerintahkan penahanan kepada 11 pangeran termasuk miliarder Pangeran Alwaleed bin Talal.

Sementara sumber AFP mengatakan, pasukan keamanan juga melarang terbang jet pribadi terbang dari Jeddah. Kemungkinan hal tersebut untuk mencegah beberapa tokoh penting melarikan diri.

Menteri Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi Dr Awad bin Saleh menilai, langkah kerajaan dalam memerangi korupsi sebagai pendekatan negara dalam mempromosikan integritas dan memajukan reformasi.

Dia menambahkan, Raja Salman dan putra mahkota sangat antusias untuk melindungi dana publik dan memberantas korupsi, yang dianggap sebagai penghalang bagi ekonomi dan masyarakat.

Menurutnya, keputusan memerangi korupsi akan mampu membawa dampak positif bagi masyarakat karena kembalinya sejumlah dana yang dijarah akan dapat dimanfaatkan untuk berbagai proyek pembangunan.

 

Berita ini telah dipublikasikan di kompas.com dengan judul: Raja Salman Ganti Sejumlah Menteri di Kabinet Arab Saudi

 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY