Budayakan Gemar Makan Ikan, Gubernur Riau Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Dibaca: 79 kali  Kamis,09 November 2017 | 18:31:25 WIB
Budayakan Gemar Makan Ikan, Gubernur Riau Gelar Lomba Masak Serba Ikan
Ket Foto : Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman menyuapi anak-anak PAUD dengan makanan berbahan ikan.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com  - Untuk membudayakan warga Provinsi Riau agar gemar makan ikan, salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman ialah dengan menggelar lomba masak serba ikan tingkat Provinsi.

 

Lomba tersebut dibuka langsung oleh Andi Rahman di halaman Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, Jalan Pattimura, pada Kamis (9/11/2017).

 

Dalam tema 'Menu masakan ikan untuk kesehatan' tersebut, para peserta lomba menyajikan berbagai olahan makanan berbahan baku ikan dengan ciri khas dari daerahnya masing-masing.

 

"Untuk mensosialisasi gemar makan ini perlu kerja keras semua pihak. Tidak cukup hanya dengan Diskanlut Riau maupun PKK, bupati dan walikota saja. Tapi perlu kerjsama masyarakat semua," ujar Andi.

 

Andi mengatakan kalau stok ikan di Riau sudah cukup untuk dikonsumsi oleh masyarakatnya.

 

"Sebab keberadaan ikan di Riau ada dimana-mana, baik di sungai-sungai maupun di pesisir Riau. Bahkan ikan di Provinsi Riau bisa dikatakan ikan yang berkualitas semua," tuturnya.

 

Untuk menjaga kualitas tersebut, maka masyarakat diharuskan untuk menjaga lingkungan sungai maupun pantainya.

 

"Jadi semua tergantu kita bagaimana untuk mensosialisasikan gemar makan ikan kepada masyarakat. Karena gerakan gemar makan ini merupakan ‎program jangka panjang kita untuk menyiapkan generasi muda cerdas, sebab untuk mengadapi kedepan perlu sumber daya manusia yang lebih baik," sebutnya.

 

Sementara itu, Kepala Diskanlut Provinsi Riau, Herman Mahmud mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai rangkaian memperingati Hari Ikan Nasional (Harkanas) tahun 2017.

 

"Jadi dalam kegiatan ini kita minta seluruh kabupaten dan kota untuk membuat menu makanan berbahan dasar ikan, dan ini akan dilombakan. Bagi pemenang lomba nantinya akan dikirim ke lomba masak ikan nasional pada Harkanas yang diselenggarakan Kementerian Kelautan," katanya. 

 

Selain itu, panitia lomba juga mengahdirkan para anak-anak dari PAUD untuk mengenalkan kepada mereka mengenai pentingnya mengkonsumsi ikan.

 

"Kita juga minta kepada kaum ibu-ibu lomba untuk memodifikasi masakan ikan, sehingga masak ikan tidak hanya itu-itu saja, sehingga akan muncul menu-menu baru cara memasak ikan‎," pungkasnya.(adv)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY