Masuk ke Kebun Warga, Gajah Liar Injak Seorang Warga Bengkalis Hingga Tewas

Minggu,12 November 2017 | 15:16:57 WIB
Masuk ke Kebun Warga, Gajah Liar Injak Seorang Warga Bengkalis Hingga Tewas
Ket Foto : Ilustrasi.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Seekor gajah liar memasuki perkebunan warga di Jalan Padat Karya, Dusun Sialang Rimbun, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis. Akibatnya satu orang warga tewas setelah terinjak gajah pada Sabtu (11/11/2017) sekitar pukul 11.00 WIB.

Menurut informasi dari pihak kepolisian, korban yang tewas tersebut diketahui bernama Tukiya (50).

Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni mengatakan kalau diketahuinya kejadian tersebut ketika ketua pemuda setempat yakni Saprin menghubungi Bhabinkhamtibmas Desa Muara Basung, Brigadir Wawan Saputra bahwa ada seekor gajah liar yang mengamuk di perkebunan karet warga hingga mengakibatkan korban meninggal dunia.

"Anggota langsung menuju ke lokasi dan meminta keterangan beberapa orang saksi," ungkap Kapolres pada Minggu (12/11).

Dari keterangan saksi Amir, sekitar pukul 09.00 WIB korban memberitahukan kepadanya bahwa ada seekor gajah liar yang melintas di kebun karet korban.

"Kemudian saksi (Amir) memberitahukan kepada korban agar berhati-hati supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," sebutnya.

Tak lama setelah itu, sekitar pukul 10.00 WIB Amir pun dikejar oleh gajah liar tersebut saat dirinya berada di kebun karet Sucipto. Amir lalu berlari menuju ke kebun karet milik Tukiya.

"Sambil berlari Amir melihat korban sedang menderes karet. Karena gajah tak dapat mengejar Amir, gajah itu lalu berbalik arah dan mengejar korban yang saat itu tak dapat berlari lantaran kakinya yang sakit," katanya.

Akibat dari injakan hewan yang dilindungi tersebut, korban pun langsung menghembuskan nafas terakhirnya di kebun miliknya.

"Kita sudah menghubungi pihak BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam) Riau agar menggiring kembali gajah tersebut ke habitatnya. Sementara korban sudah dibawa ke rumah dan dimakamkan," tutur Abas.

Sementara itu, satwa langka ini ternyata merupakan kelompok gajah Giam Siak Kecil yang termasuk dalam pengawasan BBKSDA Riau.

"Diduga karena tak ada lagi tempat tinggalnya m maka gajah itu mencari makan hingga ke perkebunan warga," tukasnya.(sya)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY