Foto Robert Mugabe dan Istrinya Beredar di Media Sosial

Dibaca: 57 kali  Sabtu,25 November 2017 | 14:03:30 WIB
Foto Robert Mugabe dan Istrinya Beredar di Media Sosial
Ket Foto : Foto perdana mantan Presiden Zimbabwe dan istrinya yang diambil tak lama setelah mengundurkan diri dari jabatannya. (Foto : kompas/int)

HARARE, jurnalmetronews.com - Foto mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dan istrinya, Grace untuk pertama kalinya muncul setelah sang diktator mendapakan imunitas sebagai imbalan pengunduran dirinya.

Sesuai dengan perjanjian yang disepakati, seluruh keluarga Mugabe diyakini mendapat jaminan keselamatan termasuk Grace Mugabe yang dibenci banyak warga Zimbabwe. Pasangan suami istri itu difoto di dalam kediaman mewah mereka di Harare bersama sejumlah pembantu yang akan memastikan Mugabe dan keluarganya aman di masa "pensiunnya".

Seorang sumber pemerintahan mengatakan Mugabe (93) sangat ingin menghabiskan hidupnya di Zimbabwe dan tak berencana untuk mengasingkan diri. Setelah dinegosiasikan, Mugabe masih akan mendapatkan uang pensiun, tunjangan liburan dan transportasi, jaminan kesehatan, dan keamanan.

Dalam foto terbaru ini Grace Mugabe terlihat amat murung duduk di sofa yang dipenuhi bantal. Sementara Mugabe duduk di samping istrinya mengenakan setelah berwarna gelap dan terlihat amat rapuh. Sementara di belakang keduanya berdiri plt direktur dinas intelijen (CIO) Aaron Daniel Tonde Nhpera, Gideon Gono, dan Pastor Fidelis Mukonori.

Foto ini diambil dua hari lalu menyusul pengunduran diri Mugabe dan sudah menyebar di dunia maya yang mendapat banyak komentar negatif terutama terhadap Grace Mugabe. Menganai foto itu, Gideon Gono kepada Nehanda Radio mengatakan, foto itu dibocorkan seseorang yang memiliki motif keji.

"Orang cenderung menjauhi saat Anda jatuh dan hanya sedikit orang yang punya keberanian mendukung dalam masa-masa suram," kata Gono saat ditanya alasannya tetap mendukung Mugabe.

"Saya tidak malu mengatakan bahwa saya tetap teman dan loyalis mantan presiden hingga akhir nanti. Bukan untuk alasan finansial tetapi ini bagian dari prinsip," tambah Gono seperti dikutip jurnalmetronews.com dari kompas.com.

Mugabe yang berkuasa di Zimbabwe sejak 1980 mengundurkan diri pada Selasa (21/11/2017) setelah tentara merebut kekuasaan dan partai Zanu-PF meninggalkannya. Emmerson Mnangagwa, wakil presiden yang dipecat Mugabe, kini menjadi presiden setelah dilantik pada Jumat (24/11/2017).

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY