Luhut Panjaitan Mengatakan Bobby Orang Batak Tapi Halus

Minggu,26 November 2017 | 10:42:49 WIB
Luhut Panjaitan Mengatakan Bobby Orang Batak Tapi Halus
Ket Foto : Luhut Panjaitan. tribunnews.com

MEDAN, jurnalmetronews.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Panjaitan mengatakan, sebelum acara pernikahan Bobby Nasution-Kahiyang Ayu sempat berbincang dengan Presiden Joko Widodo.

"Saya bilang ke Presiden kalau di Solo halus-halus. Tapi di Medan agak sangar sangar itulah Batak namun tidak bermaksud jelek. Tapi, Bobby halus karena bergaul di luar (lebih banyak di Jawa)," ujarnya saat memasuki resepsi pernikahan Bobby-Kahiyang di Perumahan Bukit Hijau Regency, Minggu (26/11/2017).

Luhut mengatakan, pernikahan Bobby dan Kahiyang merupakan wujud kekayaan budaya negara Indonesia. Karena itu, bangsa Indonesia harus bersyukur adanya keberagaman etnis.

Menurutnya, pernikahan Gibran tidak terlihat aspek keberagaman karena menikah dengan sesama orang Solo. Tapi pernikahan Bobby dan Kahiyang ada dua budaya yang harus dihormati.

"Dulu waktu di Solo perkawinan Gibran berbeda karena sesama orang Solo. Kalau sekarang ini ada dua budaya sehingga harus dihormati dari sini (Sumut). Sehingga Presiden meluangkan waktu untuk menghadiri acara adat," katanya.

Pada acara pesta adat, kata Luhut, Presiden kebanyakan mendengarkan omongan orang Batak. Bahkan ia juga tidak paham yang dibicarakan karena gunakan bahasa daerah yang halus.

"Saya juga tidak paham. Bahasanya enggak tahu, kayak di Solo juga pakai bahasa Jawa yang halus. Kegiatan ini harus dipahami sebagai budaya bangsa yang berbeda-beda. Tapi satu, persatuan implementasi kehidupan harus bagus," ujarnya. 

Berita ini telah dipublikasikan di tribunnews.com dengan judul: Kata Luhut Panjaitan Bobby Nasution Orang Batak Tapi Halus

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY