Polda Riau Ciduk 7 Pria Penyelundup Sabu Seberat 17 Kilogram

Dibaca: 88 kali  Selasa,05 Desember 2017 | 15:44:49 WIB
Polda Riau Ciduk 7 Pria Penyelundup Sabu Seberat 17 Kilogram
Ket Foto : Kapolda Riau Irjen Pol Nandang (tengah), Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo (kanan) dan AKBP Andri Sumadarni (kiri) ekspos pengungkapan sabu 17 Kilogram di Mapolda Riau pada Selasa (5/12/2017) siang.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau mengamankan 7 orang pria yang diduga menyelundupkan narkotika jenis sabu-sabu seberat 17 Kilogram.

Kapolda Riau Irjen Pol Nandang, mengatakan bahwa upaya penggagalan masuknya sabu yang diduga berasal dari Malaysia ke Riau tersebut bermula ketika pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat sekitar sebulan yang lalu.

"Penyelidikan hampir satu bulan dari informasi masyarakat bahwa akan ada transaksi narkoba," ujar Kapolda pada Selasa (5/12/2017) siang.

Berdasarkan informasi dari masyarakat tersebut, pihak kepolisian pun melakukan penangkapan terhadap 3 pelaku yakni Rudi Irwansyah (34), Ali Sadikin (43) dan Indrawan (43) dengan barang bukti sebanyak 5 kilogram sabu-sabu.

"Dilakukan penangkapan pada Sabtu (2/12/2017) sekitar pukul 03.30 WIB di Jalan Lintas Dumai, Sungai Pakning Desa Api-Api, Kebupaten Bengkalis," katanya.

Untuk tersangka Indrawan, petugas mengamankan dua paket kecil sabu-sabu.

Meskipun dalam penangkapan ini barang bukti yang disita dari Indrawan terbilang kecil, namun perannya disini sangatlah penting lantaran Indrawan lah yang menjemput 5 kilogram sabu tersebut di tengah laut.

"Indrawan berhasil disita 2 paket kecil. Memang barang bukti jumlah kecil tapi Indrawan orang yang menjemput ke tengah laut yang 5 kilogram itu. Indrawan baru dua bulan lalu bebas dari LP (Lapas) Bengkalis dalam kasus yang sama," kata Kapolda.

Pada saat penangkapan di lokasi pertama, salah seorang pelaku berinisial R berhasil melarikan diri ke perkebunan sawit.

"R kita tetapkan sebagai DPO dan saat ini masih dalam pencarian," sebutnya.

Sementara itu, untuk 12 kilogram sabu-sabu diamankan petugas keesokan harinya yakni pada Minggu (3/12) sekitar pukul 23.30 WIB.

Tepatnya di wilayah Simpang Bingung, Jalan Lintas Pekanbaru-Minas, Kecamatan Rumbai Jauh. Para tersangka yang diamankan adalah Surya (31), Simansyah (57), Sukarno (32) dan Anto (35). 

"Diamankan empat orang tersangka ada bapak mertua dan menantu. Barang bukti sebanyak 12 kilogram," tuturnya.

Dari hasil penangkapan ini, petugas berhasil mengamankan barang bukti total 17 Kilogram sabu-sabu dengan harga milyaran rupiah.

Untuk saat ini para tersangka sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Mapolda Riau.(sya)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY