Swastanisasi Sampah Rp58 M

Kepala DLHK tak Mau Jatuh ke Lubang yang Sama

Dibaca: 65 kali  Rabu,06 Desember 2017 | 12:32:46 WIB
Kepala DLHK tak Mau Jatuh ke Lubang yang Sama
Ket Foto : Sampah. (Foto : gilangnews)

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, Zulfikri mengatakan tak mau jatuh ke lubang yang sama. 

"Tak mau jatuh ke lubang yang sama," kata Zulfikri, Selasa (5/12/2017). 

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru mengatakan telah mempelajari kekurangan pengelolaan sampah oleh pihak ketiga di bawah Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pekanbaru tahun 2016.

"Dulu, kekurangannya dihitung per tonase. Namun nanti, berapa yang diangkat itu yang dihitung," ucap Zulfikri. 

Hitungannya, sampah yang sampai di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), maka itu yang dihitung. Kepala DLHK menyatakan, pihaknya menyiapkan timbangan bagi sampah yang diangkut. 

Selain itu, di sana ditempatkan petugas yang merekap jumlah sampah yang dibuang. "Jangan harap, pemerintah kota akan membayar, jika sampah tersebut tak diangkut hingga ke TPA," kata Zul. 

Terkait, siapa pihak ketiga yang mengangkut sampah, menurut Kepala DLHK, menyerahkan hal itu ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Pekanbaru. DLHK hanya menyiapkan persyaratannya. 

Dijelaskan Kepala DLHK, pengelolaan sampah dibagi ke dalam 3 zona, yakni zona yang dikelola oleh DLHK berada di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir. 

Pengelolaan yang dilakukan swasta, berada di zona I, terdiri dari Kecamatan Marpoyan Damai, Tampan dan Payung Sekaki, sedangkan zona III terdiri dari Kecamatan Sail, Senapelan, Tenayan Raya dan Kecamatan Limapuluh. 

Penganggaran pengelolaan sampah menggunakan APBD Pekanbaru dengan sistem multiyears 3 tahun anggaran. 

Tahun 2018, dianggarkan sebesar Rp58 miliar, tahun 2019 sebesar Rp62 miliar dan Tahun 2010 sebesar Rp67 miliar. "Sistem penganggaran dengan memperhitungkan fluktuasi," ujar Zukfikri. (sya)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY