KTT One Planet Summit di Paris

Indonesia Sepakat Memaksimalkan Upaya Penurunan Emisi

Selasa,12 Desember 2017 | 23:19:35 WIB
Indonesia Sepakat Memaksimalkan Upaya Penurunan Emisi
Ket Foto : Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) One Planet Summit di Paris, Perancis. Foto: istimewa.

Paris, jurnalmetronews.com - Menteri Lingkungan Hidup (LHK) Siti Nurbaya menyampaikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) One Planet Summit, bahwa Indonesia sepakat untuk memaksimalkan penurunan angka gas emisi.

Noviwaldy Jusman selaku wakil ketua DPRD Riau yang juga ditunjuk sebagai wakil dari parlemen se-Indonesia pada KTT tersebut mengatakan hal itu akan dibahas Menteri Siti Nurbaya dalam pertemuan dengan Menteri Ekologi dan Transisi Inklusif Perancis, Nicolas Hulot di Paris 11 Desember 2017 menjelang gelaran KTT One Planet Summit di Paris 12 Desember 2017.

"Untuk mengurangi angka emisi itu, nantinya Menteri Siti akan mengatakan bahwa hal itu dapat dilakukan melalui upaya konservasi keanekaragaman hayati," ujar Noviwaldy yang akrab disapa Dedet melalui pesan singkatnya, Selasa (12/12/2017) malam.

Selain membahas mengenai emisi, pada KTT ini juga dibahas tentang energi baru dan terbarukan. 

"Indonesia menjelaskan tentang Rencana Umum Energi Nasional dan Perkembangan Geothermal, Micro Hydro serta energi matahari," tuturnya.

Mendengar rencana Indonesia, Perancis langsung menawarkan diri untuk melakukan kerjasama di bidang energi baru dan terbarukan ini.

Begitu juga dengan Presiden World Bank turut menyampaikan kebanggaannya dengan komitmen Indonesia dalam mendukung climate action.

Dengan dibangunnya Pembangkit Tenaga Listrik Tenaga Panas Bumi, tidak lagi mengandalkan bahan bakar fosil demi menyelamatkan kelangsungan bumi ini.

"Saya sangat bangga ketika nama Indonesia di elu-elu kan telah membangun banyak infrastruktur berbahan bakar non fosil, pembangkit panas bumi dan tenaga surya selama 10 tahun belakangan ini," sebutnya.

Perancis juga berencana akan mengakhiri penggunaan  bahan bakar dari fosil tahun 2050 mulai mendorong konservasi keanekaragaman hayati melalui pembaharuan ekosistem.

Menteri Hulot menjanjikan bahwa Perancis akan mengucurkan dana tambahan untuk restorasi ekosistem. 

Pada saat yang sama Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalan Side Event 'Making Climate Finance Work for Women'  menjadi Panelis bersama Wali Kota Afrika Selatan dan Komite Koordinasi Masyarakat Adat Afrika, Hindou Oumarou Ibrahim.  Menkeu menjelaskan tentang 'Top down, bottom up: What practices'.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan' yang juga hadir turut menyaksikan penandatanganan tiga proyek kerjasama PLN: PLTB Tanah Laut di Kalsel, PLTS Bali 1 dan PLTS Bali 2 dengan mitra-mitranya di Perancis.

Philantropis Michael Bloomberg dan Presiden Perancis Macron mengundang jamuan makan malam seluruh Ketua Delegasi di Grand Palais. Untuk Indonesia diwakili oleh Menteri LHK.

"Saat ini kami sedang mengikuti puncak One Planet Summit kesannya sangat membakar semangat semua peserta untuk menyelamatkan planet. We only have one Planet (kita hanya punya satu planet, red), we dont have Planet B or C (kita tidak punya planet B atau C,red) so, Save our planet now (jadi, selamatkan planet kita sekarang," tegasnya.(sya)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY