DPRD Riau Sahkan Empat Ranperda jadi Perda

Kamis,14 Desember 2017 | 22:28:49 WIB
DPRD Riau Sahkan Empat Ranperda jadi Perda
Ket Foto : Rapat paripurna pengesahan empat ranperda di DPRD Riau pada Kamis (14/12/2017) siang.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, melalui rapat paripurna tentang Penyampaian Laporan Hasil Kerja Panitia Khusus terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tahun 2017, mengesahkan sebanyak empat Ranperda, Kamis (14/12/2017) siang.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Riau Hj Septina, dihadiri oleh 43 orang anggota Dewan dan Gubernur Riau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Ahmad Hijazi.

Adapun empat Ranperda yang telah disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) ialah pertama, Perubahan Atas Perda nomor 7 tahun 2014 tentang Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD) Provinsi Riau tahun 2014-2019.

Kedua, Prakarsa DPRD Provinsi Riau temtang Penyelenggaraan Keolahragaan.

Ketiga, tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal.

Keempat, tentang Perubahan atas Perda nomor 17 tahun 2013 tentang Penanggulangan Bencana Alam.

Keempat Raperda ini dibacakan langsung oleh masing-masing juru bicara dari panitia khusus. Setelah dibacakan, Raperda itu pun langsung disahkan menjadi Perda.

Hj Septina mengatakan hingga saat ini, DPRD Riau telah mengesahkan sebanyak 11 Raperda."Ada 11 Raperda yang sudah (disahkan, red)," tuturnya.

Sementara itu ada sekitar empat Raperda lagi yang masih menunggu pengesahannya. Saat ini Raperda tersebut masih di evaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Ada yang sedang difasilitasi oleh Mendagri itu nunggu dua Minggu kalau tidak turun bisa langsung di paripurnakan," tuturnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi dalam penyampaian pendapat akhir kepala daerah mengapresiasi kinerja DPRD Riau melalui pansus yang telah membahas perda ini.

"Maka Raperda yang telah disetujui akan ditetapkan sebagai perda. Dalam kesempatan ini, kami mengingatkan kepada Sekretaris Dewan dan jajarannya agar dapat membantu percepatan Raperda kepada Gubernur melalui biro hukum melalui proses evaluasi dan penetapan. Hal ini sangat penting agar kordinasi dewan dan Gubernur berjalan dengan baik," tutupnya.(sya)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY