Sambut Ramadan

Petang Megang Dihadiri Ribuan Masyarakat

Rabu,17 Juni 2015 | 22:51:14 WIB
Petang Megang Dihadiri Ribuan Masyarakat
Ket Foto : Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi memandikan air limau kepada anak yatim, Rabu (17/6/2015). Foto: Humas

PEKANBARU (jurnalmetronews.com) - Petang megang yang jadi tradisi tahunan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan disemarakkkan oleh ribuan masyarakat di tepi Sungai Siak, dekat Jembatan Leghton I atau Jembatan Siak I, Rabu (17/6/2015).

Acara ini dihadiri Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi beserta isteri, Sekretaris Derah Kota (Sekko) Pekanbaru dan isteri serta seluruh muspida di Pemko Pekanbaru. Masyarakat antusias datang dan menyaksikan beragam kegiatan petang megang, sehingga mengakibatkan arus lalu litas di macet.

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengatakan, acara Petang Megang ini merupakan agenda tahunan. Ia berharap Petang Megang dapat menjadi wisata religi bagi masyarakat Pekanbaru dan nasional. "Masyarakat diharapkan agar dapat menjaga tradisi yang luhur agar tak terpinggirkan dan tergerus oleh zaman," ujar Ayat.

Disampaikan Wawako, masyarakat diharapkan menjaga nilai-nilai agama dan budaya. Dengan demikian, visi misi Kota Pekanbaru menjadi kota metropolitan yang madani seperti yang dicita-citakan dapat diwujudkan.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru, Hermanius mengungkapkan, panitia mempersiapkan Petang Megang dengan menggelar beberapa kali rapat.
"Acara ini dimulai dengan ziarah kubur, salat berjamaah di Masjid Raya, Pasar Bawah. Arak-arakan ke Sungai Siak Jembatan leigton serta pelepasan itik di Sungai Siak yang ditangkap masyarakat. Itik yang didapat boleh dibawa pulang dan setelah itu memandikan anak yatim," ungkap Hermanius.

Kadis Pariwisata berharap acara petang megang yang merupakan sejarah budaya religi terus dilestarikan dan tak hilang tergerus kemajuan zaman. (des)
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY