Sidak di 3 Tempat, Riau Pastikan Ketersediaan Sembako Aman

Rabu,20 Desember 2017 | 13:34:43 WIB
Sidak di 3 Tempat, Riau Pastikan Ketersediaan Sembako Aman
Ket Foto : Kapolda Riau Irjen Pol Nandang bersama stakeholder terkait memantau ketersediaan pangan.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Polda Riau bersama instansi terkait lainnya mengadakan Inspeksi Mendadak (Sidak) di tiga pasar tradisional yang ada di Pekanbaru pada Rabu (20/12/2017). Adapun hasilnya, ketersediaan bahan pangan masih stabil hingga beberapa bulan kemudian.

Adapun tiga lokasi tersebut ialah di Pasar Sukaramai di Jalan Sudirman, Pasar Cik Puan Jalan Tuanku Tambusai dan terakhir Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Jalan Sudirman.

Sidak ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan bahan pangan atau maupun penimbunan serta mengendalikan harga menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kapolda Riau Irjen Pol Nandang yang mengatakan, bahwa dirinya merasa miris dengan minimnya pengetahuan para pedagang tentang bahan berbahaya apa saja yang bisa masuk dalam barang dagangannya.

"Tadi saya tanya sama pedagang, dia tidak tau apa yang dijualnya mengandung bahan pengawet atau formalin. Dia hanya membeli barang dari tokenya lalu dijual kembali," kata Kapolda.

Bahkan apabila terbukti barang yang mereka jual mengandung bahan berbahaya maka mereka dapat tersangkut kasus pidana.

Sementara itu Wakil Gubenur Riau Wan Thamrin Hasyim menuturkan, bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan terhadap harga bahan sembako.

Hal itu dikarenakan saat ini Riau sudah tempat produksi sendiri di daerah Pelitung, Kota Dumai.

"Hal pangan untuk Riau tidak perlu dikhawatirkan lagi akan kelangkaan bahan pangan berkat dukung dari adanya produksi sendiri yang telah menghasilkan. Jadi bukan mengkhawatirkan lagi, persiapan jelang Natal dan Tahun Baru telah siap," ungkap Wanita Thamrin.

Adapun peserta rombongan yang hadir dalam Sidak  tersebut ialah Kapolda Riau dan jajarannya serta Wakil Gubenur Riau, BBPOM Pekanbaru, Dinas Perindustri dan Perdagangan dan Pertamina.(sya)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY