Dukung Event Wisata Berbasis Budaya, Andi Rahman Buka Festival Danau Bokuok

Kamis,28 Desember 2017 | 07:53:43 WIB
Dukung Event Wisata Berbasis Budaya, Andi Rahman Buka Festival Danau Bokuok
Ket Foto : Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, menaiki perahu dalam pembukaan festival Maawuo Danau Bokuok di Kabupaten Kampar pada Senin (25/12/2017) lalu.

KAMPAR, jurnalmetronews.com - Festival Maawuo Danau Bokuok yang diadakan di Desa Aur Sati, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, secara resmi telah dibuka oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, pada Senin (25/12/2017).

 

Andi menyampaikan bahwa, Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung dengan adanya event wisata yang berbasis budaya seperti ini. Hal itu dikarenakan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya.

 

"Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung event-event seperti ini dengan tujuan meningkatakan perekonomian  masyarakat  berbasis wisata," ujar Andi dalam kata sambutannya.

 

Selain festival Danau Bokuok ini, masih banyak wisata lainnya yang ada di Kabupaten Kampar.

 

Seperti warisan budaya Candi Muara Takus, Sungai Topu, Ulu Kasok, Teluk Jering dan lainnya.

 

Warisan budaya itupun mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat berupa sertifikat warisan budaya tak benda seperti, Calempong, Si Jobat, Silat Perisai, Batobo Rumah Lontiok dan lainnya.

 

"Artinya dengan adanya sertifikat tak benda ini, pemerintah pusat mengakui warisan budaya yang ada di Kabupaten Kampar. Ini sejalan dengan visi-misi pemerintah Provinsi Riau dalam  meningkatkan pariwisata berbasis budaya sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyayarakat di Kabupaten Kampar," ungkapnya.

 

Andi berharap, destinasi wisata ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan dikelola dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten.

 

Sejalan dengan itu, Bupati Kampar Azis Zainal mengucapkan terima kasih kepada smeua pihak baik itu masyarakat, ninik mamak, BUMD, serta unsur lainnya yang telah bekerja sama mensukseskan festival Danau Bokuok ini.

 

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Kampar mengucapkam terimakasih kepada pihak-pihak yang bekerjasama dalam mensukseskan festival Danau Bokuok ini sehingga mampu dilaksnakan pada tahun 2017 ini," katanya.

 

Azis Zainal berharap melalui festival Maawuo Danau Bokuok ini mampu meningkatkan wisata-wisata yang ada di Kabupaten Kampar lainnya.

 

Di event ini, warga nantinya akan menaiki perahu dayung hingga ke tengah danau. Kemudian menangkap ikan dengan menggunakan alat tangkap tradisional seperti jaring, tangguk dan alat pancing.(adv)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY