Tak Gunakan Visa Kerja, Empat WNA China Dideportasi

Kamis,28 Desember 2017 | 19:18:31 WIB
Tak Gunakan Visa Kerja, Empat WNA China Dideportasi
Ket Foto : Ilustrasi deportasi.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Kantor Imigrasi Kelas I Pekanbaru, Riau mendeportasi empat orang Warga Negara Asing (WNA) asal China yang telah menyalahi aturan.

Keempatnya diketahui telah menyalahgunakan visa, yang mana kedatangan mereka ke Indonesia menggunakan visa kunjungan. Namun belakangan diketahui bahwa mereka ternyata bekerja disini tanpa dilengkapi visa kerja.

Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Riau Dewa Putu Gede mengatakan, tiga orang diantaranya sudah dideportasi pada Rabu (28/12/2017) kemarin.

"Ketiga WNA asal China itu juga sudah kita deportasi semalam," katanya pada Kamis (28/12) siang.

Sementara satu orang lainnya yakni Tan Jianwu (37) dideportasi hari ini melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II. 

"Tadi kita deportasi dia (Tan), karena kedapatan menyalahi aturan keimigrasian yang tidak sesuai dengan aturan pasport dimiliknya," ungkapnya.

Untuk diketahui, Tan sempat viral di media sosial lantaran pergi ke pasar dengan menggunakan pakaian lengkap TNI.

Setelah viral, Tan yang tinggal di Jalan Raya Pasir Putih, Desa Baru, Kecamatan Pasi Putih didatangi oleh Polsek Siak Hulu, Polda Riau.

Akhirnya diketahui kalau dia membeli pakaian TNI tersebut di negaranya melalui situs belanja online. Dia tak mengetahui kalau pakaian tersebut dilarang digunakan oleh rakyat sipil.

Disini, Tan ternyata bekerja di sebuah perusahaan. Setelah diselidiki, ternyata dia tak menggunakan visa kerja namun visa kunjungan.

"Kedepannya kita akan evaluasi kembali mereka (Imigran,red) yang ada di Riau," tukas Dewa.(sya)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY