Bahas Suriah dan Palestina, Erdogan akan Temui Presiden Perancis

Minggu,31 Desember 2017 | 13:22:40 WIB
Bahas Suriah dan Palestina, Erdogan akan Temui Presiden Perancis
Ket Foto : Presiden Turki, Tayyip Erdogan/foto : int.

PARIS, jurnalmetronews.com - Sumber istana Elysee mengatakan, Presiden Turki Tayyip Erdogan akan mengunjungi Paris pada 5 Januari mendatang untuk bertemu dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron. 

Mereka akan membahas masalah krisis regional di Timur Tengah. Pembicaraan difokuskan, khusus pada isu Suriah dan juga situasi di Palestina, beberapa pekan setelah Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. 

Langkah Trump itu telah menyita perhatian sekutu AS di barat dan memicu kemarahan di dunia Arab. Awal pekan ini, Erdogan membuat beberapa pernyataan keras mengenai Presiden Suriah Bashar al-Assad. 

Ia menyebut Assad sebagai seorang teroris dan mengatakan upaya perdamaian di Suriah tak mungkin berlanjut jika dia tidak meninggalkan kekuasaannya. Sementara itu, Macron menegaskan Prancis akan mendorong perundingan damai yang melibatkan semua pihak dalam konflik Suriah yang telah berlangsung selama enam tahun, termasuk Assad. Prancis menjanjikan inisiatif itu di awal tahun depan.

Istana Elysee mengatakan isu-isu mengenai hak asasi manusia (HAM) juga akan akan menjadi bahasan diskusi saat Erdogan dan Macron bertemu. Tindakan keras keamanan di Turki pascakudeta yang gagal pada 2016 telah memicu kritik dari Uni Eropa. Mereka mengawasi upaya Ankara untuk bergabung dengan blok tersebut.

 

Berita ini telah tayang di republika.co.id dengan judul : Erdogan akan Temui Macron Bahas Suriah dan Palestina. 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY