Banjir di Jalan Lintas Riau-Sumbar Surut, Kendaraan Umum Sudah Bisa Lewat

Minggu,31 Desember 2017 | 13:24:55 WIB
Banjir di Jalan Lintas Riau-Sumbar Surut, Kendaraan Umum Sudah Bisa Lewat
Ket Foto : Banjir di ruas jalan lintas Riau-Sumatera Barat.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Banjir yang melanda di Jalan Lintas Riau-Sumatera Barat, Pangkalan Koto Baru, Kabupaten 50 Koto Sumbar, mulai berangsur-angsur surut dan kendaraan umum sudah dapat melalui jalur tersebut.

"Sejak tadi malam air sudah surut, arus jalan sudah mulai berangsur pulih dan berjalan lancar," ungkap Kapolsek Pangkalan 50 Kota, Polda Sumbar, Iptu Abdul Kadir Jailani, pada Minggu (31/12/2017) siang.

Selain banjir, longsor yang terjadi di jalan sekitar bandrek house telah dibersihkan dengan menggunakan alat berat milik pemerintah setempat.

"Kita sudah kordinasi dengan pihak BPBD dan Pekerjaan Umum (PU) setempat terkait strerilkan lokasi longsor dan banjir dengan menggunakan alat berat. Untuk korban jiwa saat ini tidak ada ditemui," tuturnya.

Lebih lanjut Abdul mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya banjir maupun longsor susulan, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait misalnya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang agar dapat membukakan pintu air.

"Jadi masyarakat dimintai untuk bersiap-siap mengungsi ketempat yang lebih aman dari jangkauan banjir dan langsor apabila air kembali naik dengan cuaca seperti ini. Mengenai antisipasinya, kita sudah kordinasi ke PLTA agar pintu air segera dibuka agar tidak terjadi banjir saat hujan deras," jelasnya.

Selain itu, Pemkab setempat juga telah memberikan himbauan kepada masyarakat yang sedang dalam perjalanan dari Riau menuju Sumbar maupun sebaliknya agar lebih berhati-hati.

"Kita juga sudah memberikan spanduk himbauan yang dipasang ditempat-tempat rawan banjir dan tanah longsor. Masyarakat juga dimintak untuk menghindari tempat-tempat ketinggian dan pinggiran sungai. Lebih pandai mencari informasi perkembangan arus lintas agar tidak kejebak macet. Apalagi saat ini sudah musim penghujan yang berkepanjangan," imbaunya.(sya)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY