Setahun, Damkar Kota Pekanbaru Tangani 194 Peristiwa Kebakaran

Minggu,31 Desember 2017 | 13:38:57 WIB
Setahun, Damkar Kota Pekanbaru Tangani 194 Peristiwa Kebakaran
Ket Foto : Kabid Operasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta Penanggulangan Bencana Kota Pekanbaru, Faisal Hendri

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Dalam setahun, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru telah menangani sebanyak 194 peristiwa kebakaran.

"Dari jumlah 194 kejadian kebakaran, sudah termasuk didalamnya bangunan atau rumah dan lahan," ujar Kabid Operasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta Penanggulangan Bencana Kota Pekanbaru Faisal Hendri, pada Sabtu (30/12/2017) siang.

Untuk pemadaman bangunan, Damkar Pekanbaru mengklaim bahwa sejauh ini tidak ada korban jiwa atas peristiwa kebakaran.

Sementara pemadaman untuk kebakaran hutan dan lahan, pihaknya telah memadamkan lahan dengan luas sekitar 299.780 M2 milik perorangan ataupun korporasi.

Dari 194 peristiwa kebakaran tersebut, yang paling banyak disebabkan karena faktor arus pendek (korsleting). Hal itu dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan kabel yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Seperti contoh, arus listrik yang 110 Volt tidak digunakan semestinya, tapi disalah gunakan dengan membuat cabang yang lebih banyak hingga berlebihan. Ditambah lagi kabelnya belum memenuhi SNI dari ketentuannya," tuturnya.(sya)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY