Ombudsman Gagas Bentuk Tim Cegah Maladministrasi Pilkada

Sabtu,06 Januari 2018 | 18:15:13 WIB
Ombudsman Gagas Bentuk Tim Cegah Maladministrasi Pilkada
Ket Foto : Foto : Ilustrasi/int.

JAKARTA, jurnalmetronews.com - Ombudsman RI berencana menggagas tim khusus untuk mengawasi maladministrasi di daerah dalam proses Pilkada serentak tahun ini.

"Kita akan pertimbangkan membentuk tim ini, karena gelaran ini penting dan rawan maladministrasi, lebih bagus kalau ada tim khusus yang lebih dalam," ujar Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai, di Gedung Ombudsman, Jakarta seperti yang dilansir jurnalmetronews.com dari cnnindonesia.com, Jumat (5/1).

Ia memprediksi potensi praktik maladministrasi dalam pelayanan pemerintah akan meningkat di tahun ini, seiring dengan Pilkada serentak di 171 daerah. Sebagai contoh, Amzulian melihat praktik para pejabat lokal sering kali melakukan tindakan maladministrasi dengan cara memobilisasi birokrasi daerah untuk kepentingan politik.
"Bisa juga oleh pejabat daerah, ia yang mempunyai kepentingan sehingga ia menyalahkan birokrasi," ujarnya.

Tim khusus ini nantinya akan ditugaskan untuk mengawasi dan mendalami praktik maladministrasi di daerah-daerah yang melangsungkan Pilkada serentak. "Tentu kemungkinan ada maladministrasi. Coba lihat Polri bentuk tim khusus money politic, kerjanya seperti itu," katanya.

Amzulian mengatakan tindak lanjut dari pembentukan tim ini akan dibahas dalam rapat pleno awal tahun Ombudsman. "Itu baru saran, dan itu kan belum di-plenokan. Tentu akan kita pertimbangkan," katanya.

Komisioner Ombudsman Laode Ida juga mengatakan kerentanan maladministrasi pelayanan publik di tahun 2018 hingga 2019 akan terjadi karena Indonesia memasuki tahun politik."Tahun 2018 nanti di daerah-daerah ini rentan maladministrasi. Ini tahun politik, maka semua orang sibuk," ucapnya.

Laode juga melihat kerentanan maladministrasi di daerah pada tahun politik bisa terjadi karena beberapa modus, seperti penyalahgunaan anggaran daerah maupun pengerahan mesin birokrasi oleh bupati incumbent atau yang didukung incumbent. Ia menilai jangkauan untuk mengawasi pelanggaran ini masih minim di daerah-daerah menjelang tahun politik.

"Ada kesulitan yang tinggi untuk melakukan pengawasan tentang itu karena itu ada daerah," katanya. 


Berita ini telah tayang di cnnindonesia dengan judul : Ombudsman Berencana Bentuk Tim Cegah Maladministrasi Pilkada 
 

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY