Bongkar Penyelundupan 2 Kilogram Sabu di Pelabuhan Pelindo I, 2 Pria Diamankan

Kamis,11 Januari 2018 | 19:07:45 WIB
Bongkar Penyelundupan 2 Kilogram Sabu di Pelabuhan Pelindo I, 2 Pria Diamankan
Ket Foto : Dua pria yang diduga sebagai pelaku penyelundupan 2 kilogram sabu-sabu.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Petugas Bea dan Cukai serta Polres Dumai berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 2 kilogram narkotika jenis sabu-sabu diduga asal Malaysia di Pelabuhan Pelindo I Dumai pada Rabu (9/1/2018) sekitar pukul 15.30 WIB. 

‎Kapolres Dumai, AKBP Restika Nainggolan mengatakan, penggagalan penyelundupan barang haram tersebut, pertama kali dilakukan oleh petugas bea dan cukai yang bertugas di pelabuhan itu.

Saat itu petugas melakukan pengecekan barang semua penumpang yang ‎datang dari Bengkalis, Kepulauan Meranti, Tanjung Balai Karimun dan Batam.

Ketika memeriksa barang bawaan milik Chairul Fadli alias Iwan (27) warga Lhokseumawe yang kini tinggal di Johor, Malaysia, petugas menemukan 2,081 gram sabu-sabu.

‎Barang itu diperoleh petugas di dalam tas yang dikemas Iwan dengan kertas alumunium foil dan digulung menggunakan baju.

‎Mendapati barang haram tersebut, petugas bea dan cukai langsung berkoordinasi dengan Satuan Reserse Narkoba Polres Dumai.

"‎Dari keterangan tersangka bahwa sabu-sabu diberikan seorang perempuan yang berada di Johor, Malaysia. Ia mengaku barang itu diarahkan  seseorang bernama SUN," ungkap Restika pada Kamis (11/1) siang.

Bersama Iwan, petugas mengamankan beberapa barang bukti diantaranya sabu-sabu dengan berat kotor 2,081 gram, tas abu-abu berisi pakaian, 1 buku paspor, 1 unit handphone Samsung warna hitam, uang tunai Rp 565.000 ribu dan uang tunai Ringgit Malaysia 200.

Setelah membawa Iwan ke Mapolres, selanjutnya petugas Satuan Narkoba Kasat Narkoba beserta personel Bea Cukai Dumai serta anggota KSKP melakukan pencarian terhadap bersangkutan. 

"Hasil pengembangan mendapatkan informasi bahwa seseorang yang bernama SUN berada di loket bus Makmur. Selanjutnya tim menuju ksana dan ditemukanlah SUN tersebut," jelas Kapolres.

‎Menurut keterangan sementara, Syamsul Bahri alias Bahri atau SUN (20) warga Perlak, Aceh Timur, ini merupakan teman Iwan. Mereka berencana akan pergi ke Medan, Sumatera Utara selanjutnya ke Aceh.

"Dengan tujuan sampai di Aceh, sabu itu akan diberikan kepada seseorang berinisial H yang telah kita tetapkan DPO dan sedang dilakukan pengejaran," kata mantan Kapolres Siak tersebut.‎(sya)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY