6 Pelaku Ilog di Cagar Biosfer Ditangkap Polisi

Sabtu,03 Februari 2018 | 18:23:00 WIB
6 Pelaku Ilog di Cagar Biosfer Ditangkap Polisi
Ket Foto : Polisi menangkap tersangka yang sedang melakukan aktivitas ilog di Cagar Biosfer, Selasa (30/1/2018).

BENGKALIS, jurnalmetronews.com - Tim Opsnal Polres Bengkalis mengamankan 6 pelaku ilegal logging di Dusun Air Raja, Desa Tanjung Leban, tepatnya kawasan hutan Cagar Biosfer, Selasa (30/1/2018) sekira pukul 07.00 WIB.

Mereka yang ditangkap, yakni ST (29), warga Dusun Air Raja, Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksamana, MI (30), warga Bukit Sembilan, HR (36), warga Barak Aceh, Desa Pelindung Dumai, UG (52), warga Bukit Sembikan, Kecamatan Bandar Laksamana, AR (45), warga Kubu Rokan Hilir, PI (60), warga Kelurahan Pelintung Dumai. 

Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni mengatakan, pengungkapan 6 pelaku ilegal logging (Ilog), dilakukan oleh Tim Opsnal Polres dan Polsek, sejak Senin (29/1) pukul 23.00 WIB.

Tim Opsnal Polres dan Tim Opnal Polsek melakukan penyelidikan di masjid, Desa Parit 1 Api-Api, Kecamatan Bandar Laksamana dan merencanakan turun ke tempat kejadian perkara (TKP), Senin pagi hari. 

Sehari kemudian, Selasa (30/1) sekira pukul 07.00 WIB, Tim Opsnal menuju ke TKP di Dusun Air Raja Desa Tanjung Leban tepatnya di Kawasan Hutan Biosfer. 

Sampai di kebun kelapa sawit di sekitar hutan Biosfer, tim dibagi dua. "Sekira Pukul 10.00 WIB, tim menemukan tanda-tanda ilog masih berlangsung," kata Kapolres.

Salah satu tim, kemudian memasuki Hutan Biosfer melalui jalan kargo yang dibuat dari papan. Di Jalan Kargo didapati orang yang sedang keluar menggunakan sepeda motor untuk melangsir kayu olahan. 

Tim Opsnal berjalan masuk ke hutan melalui jalan yang sama. Ditemukan 3 orang yang kemudian dilakukan penangkapan dan diamankan barangbukti yang digunakan melakukan kegiatan ilog. 

Pada saat yang sama, tim lain masuk ke dalam jalur menuju hutan lainnya melalui jalan kargo yang terbuat dari kayu dan berhasil mengamankan 2 pelaku.

"Tim bantuan datang menggunakan mobil patroli Polsek untuk membawa pelaku dan barang bukti ke Mapolres Bengkalis," tutup Kapolres.(red)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY