Punya Potensi Besar

PT Pelni dan PT Jasuta Tertarik Kembangkan KITB

Senin,05 Februari 2018 | 00:00:15 WIB
PT Pelni dan PT Jasuta Tertarik Kembangkan KITB
Ket Foto : Rapat dengan investor PT KITB di ruang Pucuk Rebung, Kantor Bupati Siak, Senin (5/2/18). Rapat dipimpin Asisten II, H Hendrisan/foto :hms.

SIAK,jurnalmetronews.com - Potensi yang besar dimiliki Kawasan Industri Buton menarik PT Pelni (Persero) untuk mengembangkan usaha di sana.

Hal itu terungkap dalam pertemuan rencana kerjasama yang diawali dengan ekspos dari PT Pelni (Persero ) oleh Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni, Harry Boediarto.

Peluang bagus ini diambil, karena pelabuhan Kawasan Industri Buton (KITB) dinilai memiliki potensi yang berdampak besar, tak hanya menguntungkan bagi investor melainkan juga bagi pemerintah daerah dalam menggenjot penghasilan asli daerah (PAD).

PT Pelni berpengalaman dalam jasa pelayanan pengoperasian pelayaran di perairan Indonesia, melayani trayek dari sabang hingga Merauke mulai dari kapal penumpang, kapal angkut ternak, hingga kapal perintis. 

Diakui Hari Boediarto, membangun KITB bisa sebagai upaya untuk mengurangi waktu antrian kapal bersandar di beberapa pelabuhan besar yang ada di Riau.

Selain PT Pelni, perusahaan asing asal Jepang PT Jasuta. Direktur utama PT Jasuta, Makoto Takuma bersama Masahiro Ichihara staff khusus Shigeru Ishiba ikut hadir dalam pembahasan kerjasama ini, mereka sebagai salah satu investor mengharapkan bisa secepatnya berinvestasi di KITB. 

Rapat berlangsung di ruang Pucuk Rebung, Kantor Bupati Siak, Senin (5/2/18) dipimpin Asisten II, H Hendrisan dan dihadiri sejumlah pimpinan OPD dari BLH, Dinas Pertanahan, Dishub Bidang Laut, Direktur PT SPS, PT SS dan Dewan Komisaris KITB.

Hendrisan mewakili Pemkab Siak menyambut baik rencana kerja sama dengan sejumlah pihak termasuk perusahaan asing, namun dengan catatan sepanjang aturan yang ada tak dilanggar. 

Ia menegaskan dalam rapat tersebut agar percepatan pengembangan KITB, pemerintah pusat juga mengambil peran karena kawasan industri ini ke depannya diharapkan dapat menyerap tenaga kerja lokal. 

Di akhir rapat dijelaskan pula, saat ini Pemkab Siak sudah menyiapkan segala keperluan menyangkut hal yang dibutuhkan investor bisa segera berinvestasi di KITB. (rls/red)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY