Wako se-Sumatera Kagumi Program Smart City

Selasa,06 Februari 2018 | 23:19:12 WIB
Wako se-Sumatera Kagumi Program Smart City
Ket Foto : Walikota Pekanbaru, Firdaus menerima bendera pataka saat terpilih sebagai Ketua Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia periode 2018-2021.

PEKANBARU,jurnalmetronews.com- Kota Pekanbaru menjadi salah satu magnet yang perkembangannya sangat pesat, sehingga program berbasis online sangat diperlukan untuk menunjang kinerja. 

 

Hal itu membuat kagum Walikota yang hadir dalam Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia Regional Sumatera di Pekanbaru yang berlangsung 1-3 Februari 2018. 

 

Di bawah kepemimpinan Walikota Pekanbaru, Firdaus, ST, MT dan Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi yang mengusung konsep kota Smart City Madani, pembangunan di segala bidang pun dilakukan.

 

Walikota Pekanbaru, Firdaus mengatakan, pembangunan smart city atau kota Pintar menjadi kebutuhan seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Ia juga memamerkan kemajuan di kota madani. Smart city yang menjadi konsepnya terdiri dari 6 pilar. Ke enam pilar tersebut, yaitu Smart Govermance (Tata Kelola Pemerintah yang Pintar, Smart People (Penduduk yang Pintar). Selain itu,  Smart Economy  (ekonomi yang pintar), Smart Environment (lingkungan yang pintar) Smart Living (kehidupan yang pintar), dan Smart Mobility (mobilitas yang pintar). 

 

Layanan berbasis online diberikan, sehingga segala urusan masyarakat menjadi cepat. Sederet agenda dalam Muskomwil I pun digelar, seperti budaya, lingkungan hingga pemerintahan serta pemilihan pengurus baru, berupa sidang Pleno guna memilih ketua, serta pengukuhan. Di hari terakhir digelar pawai budaya dengan rute Jalan Gadjah Mada ke Jalan Cut Nyak Dien, Sabtu (3/2/2018).

 

Sementara itu, hasil sidang pleno 24 Walikota dari 5 provinsi Se-Sumatera, memilih Walikota Pekanbaru Firdaus, sebagai Ketua Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Komwil I APEKSI) untuk periode 2018 hingga 2021.

 

Pengukuhan dilakukan Ketua Umum Apeksi Airin Rahmi Diany yang juga merupakan Walikota Tangerang Selatan di salah satu hotel di Pekanbaru, Riau, Jumat (2/2/2018).Dalam susunan kepengurusan yang baru ini, ditetapkan Wakil Ketua I ditunjuk Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, Wakil Ketua II ditunjuk Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan Wakil Ketua III Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk.

 

Ketua Umum Apeksi, Airin Rahmi Diany yang juga merupakan Walikota Tangerang Selatan, dalam pidatonya menyampaikan, agar APEKSI ini bermanfaat bagi anggota dan masyarakat. Dalam waktu dekat juga akan diadakan Karnas, ada dua hal yang akan diangkat, yakni tentang kependudukan dan infrastruktur. "Yang jelas, beberapa program kegiatan di masing-masing komisariat wilayah sudah dilakukan dan tentu akan bersinergi dengan program di pusat," ujarnya.

 

Disampaikannya, para walikota se-Indonesia saling berinteraksi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Airin juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Walikota Pekanbaru sebagai Ketua Komwil I APEKSI pada periode 2018 hingga 2021.

Wako Padang

 

Pelayanan yang berbasis IT di Pemerintah Kota Pekanbaru dipuji Walikota Padang, H Mahyeldi Ansharullah, yang juga mantan Ketua Komwil APEKSI Regional I Sumatera.

 

Sebagai sesama walikota, Mahyeldi memberikan apresiasi atas prestasi-prestasi yang ditoreh Firdaus. Apalagi, sektor unggulan di Kota Pekanbaru adalah sektor jasa, perdagangan dan industri. Dengan letaknya yang strategis dekat dengan negara tetangga, Pekanbaru akan menjadikan pembangunan semakin pesat. (adv/kominfo)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY