BPBD Riau Segera Naikkan Status Siaga Karhutla

Selasa,13 Februari 2018 | 20:06:40 WIB
BPBD Riau Segera Naikkan Status Siaga Karhutla
Ket Foto : Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger/foto : int.

PEKANBARU, jurnalmetronews.com - Memasuki musim kemarau, status siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau segera dinaikkan.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger, baru-baru ini. "Akhir-akhir ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG, red) stasiun Pekanbaru mendeteksi adanya peningkatan titik panas (hotspot) yang tersebar di sejumlah kabupaten di Riau," kata Edwar.

BPBD Provinsi telah mengintruksikan kepada setiap BPBD kabupaten/kota untuk melakukan upaya preventif, seperti menyampaikan imbauan agar tidak membakar hutan dan lahan.

Kepala BPBD Provinsi Riau ini juga meminta agar daerah yang terdeteksi hotspot segera melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait untuk penetapan status di masing-masing daerah.

"Dalam waktu dekat, kami koordinasi untuk penetapan status siaga," ungkapnya.

Edwar Sanger menyampaikan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Pusat (BNBP) agar dapat membantu fasilitas helly water bombing.

Sebagaimana data yang dirilis BMKG Pekanbaru pada Selasa (13/2) sore, ada 4 titik hotspot yang tersebar di wilayah Riau.

Hotspot tersebut berada di Kabupaten Inhil satu titik, dua titik di Kabupaten Pelalawan dan satu titik di Kabupaten Kepulauan Meranti, sedangkan dua titik api di Pelalawan. (dwr)

Akses JurnalMetroNews.Com Via Mobile m.JurnalMetroNews.co
Copyright © 2015 JurnalMetroNews.Com - Development By 8MEDIA TECHNOLOGY